5 Industri yang Masih Aktif Rekrut Pekerja Baru Ditengah Pandemi

ilustrasi seseorang sedang mencari kerja lewat daring (Sumber gambar : Storyblocks)

ilustrasi seseorang sedang mencari kerja lewat daring (Sumber gambar : Storyblocks)

Like

Setelah lulus sekolah atau kuliah kebanyakan dari kalian pasti mencoba melamar pekerjaan diberbagai tempat yang kalian inginkan bukan?. Tapi pada dasarnya melamar pekerjaan bukanlah suatu hal mudah. Terlebih ketika lulus saingan kalian juga bertambah banyak pula. Melamar pekerjaan sebelum pandemi melanda di Indonesia saja sudah sulit, apalagi disituasi pandemi saat ini.

Survei JobStreet Indonesia mencatat selama periode April sampai Juni 2020 ada lebih dari 300 juta orang mencari kerja, naik 11?ri tahun sebelumnya. Banyaknya jumlah pelamar kerja tak diimbangi dengan perusahaan yang membuka lowongan.

Pasalnya, menurut badan Pusat Statistik mencatat ada 82,85% atau 8 dari 10 perusahaan mengalami penurunan pendapatan akibat adanya pandemi Covid-19 ini. Sehingga. Kebanyakan perusahaan tidak membuka lowongan kerja baru.

Namun, tak usah khawatir. Ditengah pandemi Covid-19 ini masih ada beberapa sektor industri yang tetap membuka lowongan pekerjaan menurut Jobstreet Indonesia, diantaranya :

Manufaktur/Produksi
Jumlah lowongan pekerjaan berjumlah 5.273.

Untuk posisi : Supervisor produksi, purchasing staff, operator produksi, drafter, warehouse manager, admin gudang, dan IT staff.

General Trading & Grosir
Jumlah lowongan pekerjaan berjumlah 703.
Untuk posisi : Sales executive, digital marketing, sales engineer, accounting, IT support, business dev manager, dan kepala gudang.

Perbankan/Layanan Keuangan
Jumlah lowongan pekerjaan berjumlah 2.497
Untuk posisi: Desk collection, account officer, IT programmer, digital marketing, relationship manager funding, legal staff, dan credit analyst.

Ritel/Merchandise
Jumlah lowongan pekerjaan berjumlah 2.485
Untuk posisi : Digital marketing, graphic designer, content creator, store manager, social media specialist, web developer, dan kepala gudang.

Komputer/Teknologi Informasi
Jumlah lowongan pekerjaan berjumlah 2.232
Untuk posisi : Full stack developer, backend developer, system analyst, project manager, android & iOS developer, web developer, UI/UX designer, system engineer, software tester, dan technical writer