Jangan Bandel, Ini Alasan Kamu Harus Tetap Pakai Masker saat Olahraga

Mask - Canva

Mask - Canva

Like

Olahraga itu memang penting banget buat menjaga kesehatan kamu. Namun, seiring adanya pandemi Covid-19, kebiasaan berolahraga memang perlu penyesuaian nih, Be-emers.

Meski begitu, hal tersebut sebaiknya enggak menghalangi kamu untuk tetap melakukan olahraga

Misalnya, menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), dikutip dari laman Bisnis, sebaiknya masyarakat yang melakukan olahraga di luar ruangan untuk tetap mengenakan masker dan peralatan sendiri guna menghindari penularan Covid-19.

Memang sih, pakai masker saat berolahraga itu kurang nyaman. Namun, selain untuk mencegah penularan Covid-19, ada sejumlah alasan nih kenapa kamu kamu tetap wajib pakai masker saat berolahraga, terutama di luar ruangan.

Baca Juga: Ini 3 Tips dari WHO untuk Kebutuhan Masker Berdasarkan Aktivitas dan Usia
 

Mudah Terkontaminasi

Saat kamu berolahraga di luar ruangan yang sepi, kemudian kamu menurunkan sebentar masker ke dagu, sebenarnya hal itu cukup berisiko lho.


Soalnya, saat masker diturunkan ke arah bawah dagu, sebenarnya masker menyentuh area tubuh yang terkontaminasi. Area tubuh yang awalnya enggak tertutup masker, justru berisiko sudah tercemar droplet atau aerosol dari orang lain.

Bahkan, menurut dokter Muliadi Limanjaya, masker yang digeser ke dagu bisa membuat bakteri pindah dari area hidung dan mulut ke dagu, pun sebaliknya ketika masker kembali digunakan.

Selain itu, jangan mudah melepas dan menyimpan masker yang habis digunakan ya!

Semakin sering kamu melepas dan pakai masker, ditambah menyimpannya di berbagai tempat dan bukan tempat yang bersih, risiko kontaminasi dan droplet yang menempel juga semakin tinggi nih.

Bahkan, aerosol yang hampir tak terlihat berada di udara jauh lebih lama dibandingkan droplet.

Terus, gimana cara menggunakan masker yang baik saat berolahraga?

Saat pakai masker, sebaiknya hindari kontak antara tangan dan masker seminimal mungkin. Bila memang harus melepas atau membuang, lakukan dengan prosedur yang benar:
  • Lepas masker secara perlahan dengan cara melepas tali elastis dari daun telinga sambil tetap menjauhkan masker dari wajah dan pakaian.
  • Hindari menyentuh bagian depan masker dengan tangan karena permukaan masker bagian depan adalah bagian yang mungkin telah terkontaminasi.
  • Kalau kamu pakai masker medis, segera buang masker di tempat sampah tertutup setelah digunakan
  • Cuci tangan setelah menyentuh atau membuang masker tersebut. Gunakan air mengalir dan sabun atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol.

Baca Juga: Cegah Virus Hanya dengan Face Shield, Sudah Cukup?