Mirip WhatsApp, Yuk Kenalan sama Aplikasi Pesan Lokal Hi App dan Fitur-Fiturnya!

Chat Illustration - Canva

Chat Illustration - Canva

Like

Seiring berkembangnya teknologi, mengirim pesan singkat kini bisa dilakukan di berbagai banyak platform digital. Berbagai fiturnya juga memudahkan kamu untuk berkomunikasi jarak jauh.

Misalnya, selain pesan, kamu juga melakukan panggilan video, pesan suara, mengirim foto/video, hingga mengirim dokumen.

Memang sih, berdasarkan data survei Hootsuite di tahun 2020, 84 persen orang Indonesia masih menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi pesan singkat. Meski begitu, aplikasi pesan singkat lainnya juga kerap menjadi alternatif pilihan yang asyik buat kamu coba nih, Be-emers.

Apalagi, kini ada aplikasi pesan singkat buatan dalam negeri lho! Aplikasi ini bernama Hi App. 

Terus, apa sih fitur-fitur yang ada di aplikasi Hi App ini?


Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Fitur Baru NIh! Ada Apa Aja Ya?
 

Fitur Penerjemah

Bayangin, gimana jadinya kalau ada orang yang chat kamu pakai bahasa daerah atau bahasa asing yang kamu enggak mengerti sama sekali?

Pastinya kamu akan kerepotan nih. Nah, aplikasi yang dikembangkan oleh PT Hello Kreasi Indonesia ini diketahui punya fitur penerjemah lho!

Menurut Product Specialist PT. Hello Kreasi Indonesia Fanny Febriani Susilo, dikutip dari Bisnis, fitur penerjemah ini merupakan salah satu fitur yang membedakan Hi App dengan aplikasi sejenis lain. Pihaknya mencoba mengembangkan fitur ini, mengingat orang Indonesia saat ini juga suka berinteraksi dengan orang-orang asing, begitupun sebaliknya.

Dengan adanya fitur penerjemah ini, komunikasi pun bakal jadi lebih mudah dan fleksibel dalam berbagai bahasa nih, Be-emers. Nah untuk saat ini, fitur penerjemah pesan yang tersedia di Hi App yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
 

Chat Organizer

Banyaknya pesan yang masuk, kadang bikin kamu suka melewati pesan yang ternyata penting. Pernah mengalami hal yang sama?

Nah, untuk menghindari hal itu, Hi App ternyata juga dilengkapi sama fitur Chat Organizer nih. Fitur ini bakal membuat ruang obrolan personal dan grup akan terpisah sehingga enggak bercampur kayak aplikasi sejenis yang sudah ada. 

Dengan begitu, fitur ini bisa mempercepat kamu untuk melakukan pencarian karena ada pemisahan ruang obrolan personal dan grup.
 

Perlindungan Data dan Privasi Pengguna

Ini nih yang enggak kalah penting, terdapat fitur perlindungan data dan privasi untuk para penggunanya. Jadi, Hi App dan pihak ketiga tidak dapat membaca obrolan dan semua file yang dibagikan pengguna.

Nah, untuk melindungi akun Hi App kamu dari pihak asing dan sebagainya, mereka menerapkan sejumlah sistem pengamanan seperti:
  • Identitas end-to-end yang aman dengan menggunakan otentikasi nomor telepon melalui verifikasi
  • One Time Password (OTP)

Hi App diketahui menggunakan end-to-end encryption secara default untuk setiap pesan yang dikirimkan dan tidak pernah menyimpan pesan pengguna di peladen dalam format biasa. Jadi, ruang obrolan pribadi dan grup pengguna aman karena kunci enkripsi pribadi turut tersimpan di perangkat penerima.
 

Fitur Lainnya

Selain itu, Hi App juga mendukung keleluasaan pengguna dalam berbagi file berupa dokumen, foto, dan video di ruang obrolan personal maupun grup. Adapun, ukuran maksimal dari setiap file yang bisa dibagikan ke sesama pengguna adalah 100 Megabyte.

Buat kamu yang suka tampilan gelap, Hi App juga punya fitur light mode dan dark mode yang disediakan untuk mendukung kenyamanan kamu lho!

Adapun, Hi App dirancang seringan mungkin nih. Sehingga, bisa berjalan lancar dalam berbagai jenis ponsel pada tingkatan low-end hingga high-end! Aplikasi ini sudah bisa dipasang pada ponsel dengan sistem operasi minimum Android 5.1 Lollipop, hingga iOS 11.