Jadi Tren saat Pandemi, Kenali Dulu Manfaat Golf

Golf - Canva

Golf - Canva

Like

Kamu pernah coba olahraga golf belum nih, Be-emers?

Di tahun 1100-an, dilansir dari Go Golf, lahirnya permainan golf ini terinspirasi dari penggembala di Skotlandia yang memukul batu kecil dengan tongkat ke arah lubang tempat sarang kelinci lho!

Meski identik dengan olahraga “high-class”, ternyata golf jadi salah satu olahraga yang lagi populer dilakukan selama masa pandemi Covid-19! Kok bisa?

Selain sepeda, menurut Golf General Manager MAP Active Tinneke Agustina, dikutip dari laman Bisnis, permainan golf yang dilakukan di area terbuka dan luas memungkinkan golfer untuk menerapkan physical distancing.

Hal itu juga didukung oleh protokol kesehatan yang memenuhi persyaratan. Sehingga, menjadikan golf sebagai pilihan olahraga yang digemari di masa pandemi ini.


Sementara itu, di masa pandemi ini, tentunya kita dituntut untuk selalu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Terus, kira-kira apa aja sih manfaat olahraga golf?

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Golf Menjadi Olahraga Mahal
 

Meningkatkan Imunitas dan Bagus untuk Kesehatan Fisik

Ternyata, golf memiliki aktivitas fisik yang tergolong moderate dan sangat dianjurkan guna meningkatkan imunitas tubuh.

Menurut para peneliti dari University of Edinburgh yang dipublikasi di British Journal of Sport Medicine, golf memang baik untuk kesehatan fisik, salah satunya yakni menjaga imunitas. 

Selain itu, golf juga baik untuk kesehatan jantung, sistem pernapasan, mencegah kanker kulit dan kanker payudara, serta bisa memperkuat otot hingga usia lanjut lho! Makanya, dalam penelitian tersebut, disebutkan juga kalau para golfer itu bisa punya hidup yang lebih lama dari orang yang enggak main golf.

Perlu kamu ketahui juga, dengan bermain golf hingga 18 holes, kamu dapat membakar 600 kalori jika menggunakan golf cart. Sementara kalau kamu berjalan kaki hingga 18 holes, kamu bisa membakar minimal 1200 kalori lho!
 

Baik untuk Kesehatan Mental

Bermain di tengah lapangan golf yang luas dan hijau, rupanya bisa mempengaruhi kesehatan mental kamu juga nih, Be-emers. 

Menurut salah satu public figure, Ananda Omesh, dikutip dari Bisnis, bermain golf itu memberikan keuntungan untuk jasmani dan mental. Soalnya, saat bermain golf, kita harus menjaga emosi positif, kesabaran, fokus, dan motivasi yang kuat.

Nah, buat kamu yang mau mencoba olahraga golf, yuk mulai latihan dari sekarang!

Baca Juga: Mau Olahraga saat PSBB Transisi? Perhatikan Dulu Hal Berikut