Seberapa Penting Penggunaan Sunscreen Secara Rutin?

sumber: freepik.com

sumber: freepik.com

Like

Sunscreen alias tabir surya biasa kita kenal sebagai salah satu produk perawatan kulit. Seperti padanan katanya, produk ini memang berfungsi untuk mencegah kulit dari paparan sinar matahari.

Banyak orang yang memiliki pemahaman bahwa memakai sunscreen hanya dibutuhkan jika beraktivitas di luar, alias saat terpapar matahari secara langsung.

Namun, ternyata pemakaian sunscreen secara rutin dan berkala ternyata sangat penting lho. Tidak hanya ketika beraktivitas di luar saja, tetapi baik di dalam ruangan maupun sedang tidak berpergian tetap perlu juga.
 

Tidak Hanya Saat Cuaca Cerah

Mengutip dari SmarterHelth.id, banyak orang yang masih memiliki anggapan bahwa memakai sunscreen hanya perlu ketika cuaca sedang cerah atau terik saja. Akan tetapi, resiko yang sama bahkan tetap ada walaupun cuaca sedang tidak cerah.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan banyak yang tidak tahu apa sebenarnya manfaat utama sunscreen, yaitu untuk merawat kulit dan mencegah dari terpaparnya sinar ultra violet. Sinar ini tetap terpancarkan baik ketika cuaca terik maupun tidak.
 

Di Luar maupun di Dalam Ruangan

Adanya anggapan penggunaan sunscreen ketika hanya untuk aktivitas di luar juga kurang tepat. Sunscreen bahkan lebih baik diaplikasikan secara rutin walaupun kita tidak berpergian.


Pemakaian sunscreen secara rutin dan berkala penting untuk perawatan kulit lainnya seperti untuk mencegah kulit rusak sehingga mudah kusam, terkena kanker kulit, penuaan dini, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ketika memakai make up, pemakaian sunscreen juga sangat penting untuk base make up. Tujuannya adalah untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit.
 

Berlaku untuk Kulit yang Gelap

Banyak yang berpikir bahwa sunscreen hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang berkulit terang agar tidak gosong. Pemikiran ini sebenarnya tidak salah. Namun, anggapan bahwa bagi yang memiliki kulit gelap tidak perlu sunscreen tentu salah besar.

Pada kenyataannya, warna kulit jenis apapun perlu memakai sunscreen. Lagi-lagi kita harus berkaca pada manfaat utama sunscreen, yaitu melindungi kulit dari sinar UV, bukan sinar matahatari yang membuat kulit menghitam.
 

Kandungan SPF bagi Kulit

Ketika memilih sunscreen, kita harus memerhatikan kandungan SPF yang ada di produk. Kuncinya adalah semakin tinggi angka SPF, semakin efektif perlindungan terhadap kulit.

Namun, tidak berpegaruh pada lama pemakaiannya. Pengaplikasian secara berkala tetaplah penting berapa pun angka SPF. Setidaknya pengaplikasian dilakukan 15 sampai 30 menit sebelum beraktivitas dan mengaplikasikan ulang 2 sampai 3 jam secara berkala agar lebih maksimal.

Sekarang kamu jadi tahu kan seberpa pentingnya memakai sunscreen, apalagi dengan rutin? Kamu bisa ketik dan bagikan di kolom komentar rekomendasi sunscreen yang menurut kamu oke banget!

Baca Juga: Masker Untuk Kulit Berminyak, Gunakan Selfcare Ini!