#SosokInvestorMuda: Andika Sutoro, Sukses Bisnis di Usia Muda dan Kaya dari Saham

Young Investor Illustration - Canva

Young Investor Illustration - Canva

Like

Lahir dan besar dari kerluarga yang bukan investor, enggak menghalangi langkah pria yang bernama lengkap Andika Sutoro Putra itu buat mencari peluang cuan. Investor sekaligus entrepreneur muda kelahiran 1994 ini sempat terinspirasi oleh sosok Warren Buffet –orang paling kaya di dunia yang sukses dari investasi.

Kini, Andika telah menjelma menjadi seorang pemodal, pengusaha, dan sekaligus motivator muda. Bukan kaleng-kaleng nih, Be-mers. Di umur yang terbilang cukup muda, Andika sudah sukses dengan sejumlah usaha dan hasil cuannya di pasar modal. 

Dilansir dari Bisnis.com, Andika tercatat memiliki porsi saham 5?ri UOB Kay Hian Holdings Ltd. Pria yang berasal dari Kalimantan itu juga mendirikan Richvolution Community dan menerbitkan sebuah karya buku berjudul Anak Muda Miliader Saham. Wuih, keren!

 

Foto: Instagram Andika Sutoro Putra @andikasutoroputra

Foto: Instagram Andika Sutoro Putra @andikasutoroputra


 

Berawal dari CD Suara Wallet

Burung wallet, dikenal sebagai burung yang membawa keberuntungan. Ketika bertemu dengan sang burung wallet, anak berumur 14 tahun itu punya caranya sendiri untuk mencari cuannya.

Kreativitas, serta ditambah sedikit pengetahuan yang ia dapat dari internet, membuatnya memutuskan untuk menjual CD suara wallet. Siapa sangka, di usia yang masih sangat remaja itu, CD suara wallet membawa Andika Sutoro remaja meraup cuan hingga ratusan juta rupiah.


Jika saat itu dia enggak sadar betapa berharganya suara burung wallet, mungkin kemampuan Andika dalam berbisnis enggak bisa seperti sekarang ini. Namun, meskipun dibanjiri keuntungan yang super-duper banyak, Andika malah enggak terpikir untuk langsung konsumtif..

Justru, ia menghabiskan uangnya itu buat ikutan sejumlah seminar, kelas bisnis, dan pengembangan diri lainnya. Ilmu yang dia dapat itu kemudian diterapkannya buat membangun macam-macam usaha di tempat asalnya, Singkawang, Kalimantan.

Walhasil, sekarang Andika Sutoro pun tercatat cukup sukses dengan menjalani bisnis kuliner, Bisnis tersebut antara lain Pungopang dan Harvest Moo.

Enggak berhenti sampai di situ. Andika remaja, juga sudah mulai tertarik dengan dunia investasi di usia 15 tahun. Lagi-lagi nih, selain buku, internet banyak sekali membantu Andika buat kepo soal investasi di pasar modal.

Sempat diragukan sang Ayah, ambisi Andika akhirnya membuat hati ayahnya luluh juga. Karena belum punya KTP, saat itu Ayahnya meminjamkan identitasnya agar Andika punya rekening efek. Investasi pertamanya itu senilai Rp10 juta.

Setelah 9 tahun menjadi investor di pasar modal, Andika akhirnya menghasilnya cuan Rp40 miliar. Andika pun kini telah sukses menjadi pengelola dana independen sekaligus investor muda yang cukup berpengaruh.

Terlahir dengan jiwa yang kreatif, Andika Sutoro juga aktif membuat konten “edukasi” saham melalui YouTube dan podcast. Mau jadi kayak seperti Andika Sutoro? Yuk jangan mager, alias malas bergerak!

Yang penasaran sama konten Youtubenya, langsung cek aja di sini