Kreativitas di Saat Pandemi Covid-19

Kreativitas berbuah karya media investasi, keuangan dan produk pasar modal yaitu RH10 ANALYST

Kreativitas berbuah karya media investasi, keuangan dan produk pasar modal yaitu RH10 ANALYST

Like

Awal tahun 2020 kita digemparkan dengan keadaan sebuah virus yang mematikan yaitu  Pandemi Covid-19. Pandemi merupakan penyakit yang menyebar secara luas antar negara yang bisa menjadi sebuah bencana. Bencana dapat menghasilkan sebuah hikmah yang dapat dijadikan kesempatan untuk berkreativitas. Hikmah tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam mengelola krativitas. Kreativitas terjadi akibat adanya masalah dari suatu situasi dan kondisi.

Sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Beskala Besar (PSBB) oleh pemerintah Indonesia seluruh aktivitas masyrakat sebisa mungkin dilakukan di rumah. Keadaan yang dilakukan dirumah berdampak pada masalah baru yang timbul.

Keterbatasan dalam melakukan kegiatan merupakan salah satu masalah dari kebijakan tersebut. Pentingnya membuat inovasi untuk menghasilkan kreativitas di situasi yang terbatas akan lebih menspesifikan kreativitas tersebut. Penulis sendiri membuat kreativas media mengenai investasi, keuangan dan produk pasar modal di saat pandemi ini.

Kreativitas akan muncul seiring dengan keinginan yang akan dilakukan. Kebiasaan juga sangat mempengaruhi untuk terciptanya suatu keinginan. Memadukan komponen kebiasaan dan keinginan merupakan hal yang menarik untuk menghasilkan kreativitas. Kreativitas juga harus diciptakan sebelum memadakun dua komponen tersebut yang itu dengan tahapan dasar. Pada dasarnya suatu kreativitas mebutuhkan tahapan dalam memulainya.

Bagaimana tahapan melakukan kreativitas?


Penulis membuat tips tahapan untuk menghasilkan kreativitas untuk bahan pertimbangan pembaca dalam melakakuan kreativitasnya. Adapun tahapan melakukan kreativitas sebagai berikut : 

1. Memahami karakter yang ada pada kepribadian masing-masing
 
Seseorang yang akan berkreativitas harus mengetahui karakternya sendiri agar hasil karya dari kreativitas sesuai dengan keinginan. Menunjukan identitas dari suatu kreativitas dapat terjadi dari sebuah karakter. Karakter merupakan tahapan awal dalam memahami potensi diri untuk mebuat sebuah kreativitas.Memahami karakter juga dapat melihat kemampuan dalam diri yang berpotensi mempretegas kreativitas yang dibuat.

2. Menjadikan hambatan sebagai pembelajaran

Saat kreativitas tersebut sudah mulai dijalankan alan banyak kejadian yang terjadi salah satunya adalah hambatan. Hambatan dapat menggagalkan atau menjatuhkan kreativitas seseorang jika tidak bisa dihadapi dengan baik dan bijaksana. Pengalaman menghadapi hambatan bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk masalah serupa dimasa yang akan datang. Menghadapi hambatan merupakan salah satu jalan terbaik untuk mengembangkan kreativitas tersebut.

3. Bersikap konsisten terhadap suatu konsep

Konsisten merupakan kunci dalam melakukan kreativitas. Ketika konsisten tersebut hilang maka tidak ada lagi konsep yang mendasari suatu kreativitas. Sikap konsistenpun sangat dibutuhkan untuk menguji kesesuaian konsep dengan kreativitas. Dengan konsisten kita akan mempelajari konsep berkreativitas.

4. Inovasi untuk mencari solusi

Ketika sebuah kreativitas telah berbuah menjadi suatu karya yang didasari pada karakter dan sikap konsisten, inovasi sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kreativitas lainnya saat adanya hambatan. Saat kreativitas baru akan muncul membuat inovasi sebagai solusi dan menghasilkan suatu karya.

5. Berpikiran positif untuk menjadikan kreativitas sebagai karya yang menarik

Hal yang tak kalah pentingnya dan sangat dibutuhkan oleh semua orang yang melakukan kreativitas adalah pemikirian yang positif. Pemikirian positif membuat ide kreativitas akan terealisasi sesuai dengan semua rencana awal. Keunggulan yang akan diciptakan oleh pemikiran positif terhadap kreativitas adalah karya yang menarik dan menjadi sebuah kebanggaan.

5 tips tersebut merupakan tahapan panulis dalam membuat kreativitas disaat pandemi Covid-19. Penulis sendiri membuat kreativitas berupa media edukasi investasi, keuangan dan produk pasar modal agar masyrakat dapat berinvestasi dan mengelola keuangannya. Semoga dengan adanya tahapan dalam membuat kreativitas dapat membantu para pembaca.

Teruslah berkreativitas untuk menghasilkan suatu karya yang nantinya dapat dimanfaatkan hasilnya! Pahami tahapannya lakukan kereativitasmu. "Hard but Doable"