Resensi Think and Grow Rich: Resep dan Prinsip Sukses Anak Muda

Resensi Think and Grow Rich (Sumber: Pixabay.com)

Resensi Think and Grow Rich (Sumber: Pixabay.com)

Like

Usia muda, menjadi salah satu masa-masa keemasan bagi banyak orang untuk terus berkembang dan berinovasi. Tak heran, banyak orang yang menyebut jiwa anak muda adalah jiwa yang masih penuh dengan semangat dan harapan.

Sebagai inspirasi, saat ini telah banyak tokoh inspiratif yang gemar membahas mengenai kesuksesan anak muda. Salah satunya adalah Napoleon Hill dengan buku Think and Grow Rich yang ditulisnya, sudah berhasil menginspirasi banyak orang.

Buku ini banyak menjelaskan prinsip-prinsip yang perlu diterapkan anak muda, ketika akan mengejar kesuksesan. Sebagai gambaran mengenai buku fenomenal satu ini, yuk simak resensinya berikut ini.


1. Keinginan yang Membara

“Yang selalu merasa gagah, tak pernah mau mengalah. Masa muda, masa yang berapi-api” sepenggal lirik lagu dari Rhoma Irama ini, rasanya benar-benar menjadi gambaran bagi anak muda. Anak muda memiliki jiwa liar dan kreatif untuk mengembangkan potensi dirinya.

Hal ini, selaras dengan salah satu prinsip sukses yang ditulis oleh Napoleon Hill, bahwa orang yang ingin sukses, harus memiliki keinginan yang membara. Keinginan yang membara akan memicu semangat dalam diri.

Ya, untuk mewujudkan semua cita-cita yang diinginkan keinginan menjadi kunci penting yang paling mendasar. Segala tindakan lain yang kamu lakukan, akan sia-sia saja jika kamu tidak memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk sukses.


Pada prinsip Think and Grow Rich dijelaskan bahwa keinginan membara inilah yang akan menuntunmu untuk melakukan tindakan yang membuahkan hasil. Hal ini juga membuat kamu mau melampaui batas dirimu sendiri.


2. Rencana

Untuk mencapai kesuksesan, tidak mungkin dapat terwujud hanya dengan tujuan yang muncul sekilas secara tiba-tiba. Kamu perlu merencanakan kehidupanmu kedepannya secara realistis dan konkret.

Luangkan waktumu sebentar, untuk berpikir apa yang benar-benar ingin kamu capai, dan bagaimana cara mencapainya. Setelah itu, mulailah untuk menulis goals yang sudah direncanakan dengan matang.

Kamu bisa menuliskan rencana paling dekat yang bisa kamu lakukan, setelah itu buatlah rencana kehidupan dengan target 10 tahun, 20 tahun, hingga target jangka panjang lainnya yang akan kamu usahakan.

Tulisan ini, akan menjadi kisi-kisi mengenai tindakan selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kesuksesanmu. Di buku Think and Grow Rich tertulis untuk tulislah semua rencana yang kamu inginkan, dan pastikan untuk memilih tujuan yang bisa dijalankan.

Ingin menjadi orang yang efektif?  Buku 7 Highly Effective People menyatakan bahwa biasakan untuk merencanakan dan memikirkan sesuatu hingga akhir agar kamu bisa memperkirakan hal apa yang akan terjadi dan apa solusi yang bisa diambil. 

Baca Juga: Menjadi Entrepreneur Bukan Kerja Sambilan


3. Pengetahuan Khusus

Semua orang yang sukses, pasti menganjurkan kamu untuk terus belajar dan menambah berbagai macam ilmu. Menjadi pribadi yang terus haus akan ilmu pengetahuan, serta tidak pernah lelah untuk belajar adalah salah satu ciri dari orang sukses. 

Mungkin, kamu akan berpikiran bahwa kamu akan mulai mempelajari segala sesuatu sebagai bekal menuju kesuksesan. Padahal, hanya sekedar memiliki banyak pengetahuan tidak akan membuatmu menjadi orang yang sukses.


4. Bertindak 

Manusia jarang sekali memilih untuk bertindak cenderung mengulur waktu dan menunda melakukan sesuatu yang bermanfaat. Jika seperti ini terus dan selalu sibuk merencanakan sesuatu kamu akan menyesal. Untuk itu, bebaskan pikiranmu dan bertindaklah berani. Lakukan apa yang kamu suka dan buktikan! 


5. Spesialisasi

Apa sebetulnya lawan kita sebagai manusia? Tentu saja bukan orang lain melainkan diri kita sendiri yang sering menjadi penghambat kemajuan diri kita. Berapa banyak waktu kita korbankan untuk melakukan kemauan orang lain? 

Pastikan ketika kamu memilih untuk bekerja kamu mendapatkan suatu ilmu yang penting untuk kemajuan dirimu dan bisnismu. Apa yang terpenting? memaksimalkan setiap waktu dengan baik, bergerak progresif dan milikilah kemampuan yang diakui.  Dengan begini kamupun akan percaya diri untuk membangun bisnis dan memperluas networkingmu. 


6. Gigih

Bagaimana cara kamu menghabiskan 24 jammu? Apakah kamu puas dengan 24 jammu? Bagaimana dengan 24 jam yang dimiliki oleh orang sukses di luar sana? Apa yang mereka lakukan ketika mereka masih muda? Tanyakan ini pada dirimu. 

Pada buku Napoleon Hill, Ia mengajarkan kita bahwa pengendalian diri, pemikiran dan tindakanlah yang menentukan kesuksesan kita di masa yang akan datang. Pastikan 24 jammu habis dengan suatu yang berharga. 


7. Berkharisma

Napoleon Hill seperti mengajarkan milikilah kharisma dalam diri. Darimana ini semua datang? Tentu terpancar dari dirimu secara tidak langsung. Pengalaman dan cara pandangmu sebagai seorang pebisnis pasti terlihat dari bagaimana caramu merencanakan sesuatu. Setiap bisnis terkenal memiliki kharismanya yang kuat dan prinsip yang membuatnya terlihat begitu menarik di mata publik termasuk investor. Pelajarilah cara membranding dirimu. 


8. Pikiran Bawah Sadar 

Mulai hargai dirimu dan katakan pada dirimu bahwa kamu akan menjadi orang yang sukses dalam bidang ataupun bisnis yang kamu tekuni. Untuk setiap aktivitas yang kamu lakukan, milikilah visi dan misi. Untuk apa dan mengapa harus dilakukan. 

Milikilah tujuan yang berarti dalam hidup, karena inilah yang membuatmu selalu tergerak untuk mulai bertindak. Rencana dan proses internalisasi adalah hal kuat yang membantu pikiran bawah sadar bahwa tidak ada yang mustahil. Bekerja dengan sepenuh hati, bisa memberikan keberuntungan-keberuntungan lain yang tidak terduga. 

Baca juga: Jangan Menyerah! Begini Tips Manfaatkan Peluang Pasar di Masa Pandemi


9. Kreativitas 

Kreativitas inilah yang membuat kamu akan selalu merasa tertantang dan berarti dalam kehidupanmu. Ingat bahwa kamu memiliki dirimu sendiri, lakukan apa yang menurutmu menarik. Dengarkan dirimu dengan baik, ketika sudah memiliki tujuan, maka segala sesuatu yang kamu temukan bisa memberimu inspirasi. 

Milikilah semangat dan kekuatan diri untuk berimajinasi dan melakukannya. Gagal adalah kesuksesan yang tertunda. Maka, sebetulnya kamu bukan gagal namun dituntut untuk belajar. 
Intuisi 

Mengapa harus punya planning? Inilah alasannya, ketika kamu memiliki planning yang jelas dan presisi, maka kamu mengarahkan realitasmu untuk menuju dan meraih tujuanmu. Kuncinya jangan menyerah, dengarkan intuisimu. Siapa yang memiliki bisnis dan tujuan dari apa yang kamu lakukan?

Simple, dirimu sendiri. Siapa yang mengetahui reward atau pencapaian apa yang kamu bisa terima? Kamu juga. Maka, omongan miring atau celaan dari orang sekitar termasuk keluarga jangan sampai membuatmu jatuh atau mengambil keputusan yang salah. 


10. Yakinkan Diri Sendiri 

Keyakinan yang membuat kamu akan selalu menemukan jalan-jalan tak terduga. Jadi apapun keadaanya, yakinin dirimu sendiri kamu bisa dan akan sukses. Ini akan meninggalkan jejak dalam pikiran bawah sadarmu. Napoleon Hill mengatakan “You are the master of your destiny.”

Pikirkan apa yang baik dan lakukan yang terbaik. Jika hal buruk terjadi relakan saja. Kekuatanmu ada pada pikiranmu sendiri, Ia mengatakan bahwa jika kamu memikirkan kamu akan kalah, maka yang kamu terima adalah kekalahan.


11. Pergaulan yang Baik 

Bergaulah dengan orang yang positif, orang-orang seperti ini yang akan membuat dewasa secara pemikiran hingga membuat pola pikirmu menjadi lebih terarah dan menghargai waktu. Orang-orang yang sukses adalah orang yang menghargai waktu. 

Ketimbang nongkrong tanpa arah dan tujuan, lebih baik membangun jaringan dengan orang-orang sukses, bertukar pikiran dan menyerap cara mereka berpikir. 
Baca juga: Level Up Yourself: Personal Branding dan Cara Membangunnya dengan Media Sosial!

12. Atur Ulang Rencanamu 

Gagal? Tidak ada kata gagal, atur ulang rencana dan strategimu. Hilangkan rasa malas, sukses tidak datang karena hanya mimpi belaka. Sukses jatuh pada tangan yang gigih dan orang yang berpikiran terbuka. Saat terbuka dan gigih disanalah keberuntunga sering kali muncul.

Permasalahannya manusia sering kali menilai kegagalan adalah akhir, padahal liciknya kegagalan adalah moment terkecil dihidupmu yang membuatmu bisa semakin lantang dan berani. Jadi, bangkit atur ulang rencanamu, jalankan! 


13. Tekuni Hal Kecil Sekalipun 

Napoleon mengajarkan bahwa saat kita menekuni hal kecil dengan baik dan benar, maka ketika diperhadapkan dengan hal-hal lainnya kita juga akan melakukan hal demikian. Jadi, jangan lihat seberapa besar perkaranya, lihat bagaimana cara orang bisa mempercayai dirimu, bahkan dirimu sendiri. Keraguan timbul karena kamu terlalu sering melalaikan hal kecil.


14. Sukses Dipupuk Dari Kualitas Diri

Pikirkan waktu, tenaga, hingga hal lain yang kamu korbankan memiliki nilai yang sebanding dengan kesuksesan yang akan kamu raih di hari depan. Sukses dipupuk dari jati diri, kebiasaan, dan keinginan yang selalu kuat untuk belajar hal baru untuk beradaptasi dan bertindak. 

Buku ini menjelaskan tentang beberapa kiat dan juga prinsip kesuksesan yang bisa diterapkan dan menginspirasi banyak orang. Dengan begitu, kamu akan menemukan pencerahan dan pemikiran yang baru dalam proses mencapai kesuksesan. 

Kesuksesan merupakan sebuah proses panjang yang harus dijalani dengan semangat yang membara, perencanaan yang baik, pengetahuan khusus serta banyak kunci lainnya. Jadi, mengapa tidak mencoba memulai menerapkan prinsip ini dan menjadi sukses di usia muda?  Selamat mengarungi marathon kesuksesanmu, ya! 

Baca juga: Biografi Jack Ma Si Pendiri Alibaba yang Gak Pintar Matematika dan IT!