Dear Milenial, Berikut Tips untuk Cermati Tren Bisnis

Trend - Canva

Trend - Canva

Like

Di zaman yang serba canggih dan didominasi sama media sosial seperti sekarang ini, banyak hal yang gampang banget viral atau trending. Hal-hal yang nge-tren tersebut juga sering jadi inspirasi, terutama dalam hal berbisnis lho!

Namun, apakah menjalani bisnis harus selalu yang mengikuti tren? Atau, seperti apa kiat menjalani tren bisnis?

Nah, dilansir dari Bisnis, ada sejumlah tips nih dari Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani untuk cermat dalam melihat siklus tren bisnis, terutama bagi kaum milenial.

Baca Juga: Kisah Sukses Pelopor Bittersweet by Najla yang Viral
 

Tetap Hati-hati Melihat Tren

Menurut Rosan, kamu, terutama pemula, perlu untuk berhati-hati. Soalnya, kalau lagi ada tren suatu usaha, biasanya semua orang bakal masuk ke situ.

Nah, alhasil, siklus trennya pun sudah mencapai puncak. Sehingga, mungkin justru bakal terjadi penurunan minat di pasaran.


Makanya, kamu mesti melihat apakah tren ini baru di fase awal, mulai mencapai puncak, atau bahkan sudah mulai memasuki fase siklus penurunan.
 

Coba Pilih yang Lagi Enggak Tren

Cara berpikir out of the box adalah hal yang bisa menarik perhatian orang lain. Jika kamu sulit mengikuti tren, enggak ada salahnya juga kok untuk melawan arus tren itu sendiri!

Bahkan, Rosan mengakui bahwa dirinya lebih banyak memilih bisnis yang tidak tren tetapi dengan prospek masih terbuka. Selain itu, ia juga menyarankan agar pelaku usaha harus bersabar dalam melakukan bisnis.
 

Harus Berani!

Menurutnya, yang paling penting kita sebagai seorang pengusaha harus berani melangkah, mengambil risiko. Kalau pengusaha tidak berani melangkah lebih baik jangan menjadi pengusaha. Pengusaha itu memang harus berani mengambil risiko.

Kamu juga perlu sadar, kegagalan adalah bagian dari suatu proses untuk menuju suatu keberhasilan. Untuk itu, Rosan menilai, jangan sampai pelaku usaha berpikiran pendek dan ingin usahanya  cepat besar, cepat untung, karena semuanya harus melalui proses.

Terlebih, kamu juga harus bisa menikmati proses dari bisnis itu sendiri karena naik turunnya bisnis adalah bagian dari menuju suatu kedewasaan dan keberhasilan ya, Be-emers!

Baca Juga: Roti Ubi, Kuliner Viral dari Korea Selatan