Sebelum 2020 Berakhir, Investasi ST007 Bisa Dicoba Nih!

Investment - Canva

Investment - Canva

Waktu cepat banget berlalu ya? Enggak terasa, kita sudah memasuki bulan November dan tahun 2020 bakal berakhir.

Nah, di sepanjang 2020 ini, rupanya minat investasi di obligasi ritel negara cukup tinggi lho! Dari lima obligasi yang sudah diterbitkan pemerintah tahun ini, berdasarkan catatan Bisnis, hasil penjualannya sudah mencapai Rp71,36 triliun.

Buat kamu yang belum sempat beli obligasi ritel milik pemerintah tersebut, tenang, masih ada satu seri lagi nih yang bisa kamu coba!

Baca Juga: Penjualan Obligasi Ritel Meningkat Sepanjang 2020 Lho, Apa Aja Pemicunya?

Seri obligasi ritel terakhir tahun 2020 tersebut adalah green sukuk ritel seri ST007. Berdasarkan keterangan resmi dari Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, ST007 ini sudah bisa kamu beli mulai hari ini (4/11) lho!

Diketahui dari laman Bisnis, ST007 diterbitkan tanpa warkat dan enggak dapat diperdagangkan (non-tradable). Sukuk tabungan ini juga enggak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo kecuali pada periode early redemption.

Adapun, masa penawaran sukuk tabungan ini bakal ditutup pada 25 November 2020 mendatang. Sedangkan masa jatuh tempo ST007 yakni pada 10 November 2020.

Kamu bisa membeli instrumen investasi milik pemerintah ini dengan minimal Rp1 juta dan maksimum Rp3 miliar.
 

Kupon ST007

Seri ST007 ini menawarkan kupon yang sifatnya mengambang dengan batas minimal sesuai dengan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia.

Jadi, untuk periode pertama, kupon akan dibayar pada tanggal 10 Januari 2021 dan tanggal 10 Februari 2021, berlaku kupon sebesar 5,5 persen. Nah, tingkat kupon untuk periode 3 bulan pertama sebesar 5,5 persen tersebut berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor).

Perlu kamu ketahui, tingkat kupon minimal enggak berubah sampai dengan jatuh tempo. ST007 memiliki underlying asset berupa Barang Milik Negara (BMN) dan Proyek APBN tahun 2020, termasuk green asset.
 

Proses Pemesanan ST007

Buat kamu yang berminat untuk berinvestasi di sukuk tabungan ST007, kamu bisa pesan secara online lho. Pemesanan online ST007 ini dilakukan lewat 4 tahap, antara lain:
  • Registrasi
  • Pemesanan
  • Pembayaran, dan
  • Setelmen.

Pemesanan sukuk tabungan seri ST007 secara online ini disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Adapun, untuk info lebih lanjut terkait ST007, kamu bisa mengakses web Sukuk Tabungan di: www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan atau menghubungi 31 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui layanan online.