Apakah Berinteraksi dengan Orang Positif Covid-19 Bisa Langsung Tertular? Lakukan Dulu Hal Ini

Covid-19 - Canva

Covid-19 - Canva

Like

Virus Covid-19 ini memang bisa menyerang siapapun dan dimanapun. Bahkan, kamu bisa saja terinfeksi tanpa menunjukan gejala apapun lho, Be-emers.

Meski pandemi, tapi sejumlah aktivitas seperti bekerja hingga pergi ke pasar untuk belanja kebutuhan, masih memungkinkan kita untuk bertemu orang lain.

Terus, gimana kalau orang yang kita temui itu ternyata terinfeksi Covid-19?

Tenang, jangan panik dulu ya, Be-emers.

Meskipun benar risiko kamu untuk sakit meningkat setiap kali kamu melakukan kontak dengan seseorang yang memiliki virus, kamu dapat menghindari tertular Covid-19, bahkan jika kamu sedang atau pernah berada di sekitar seseorang yang mengidapnya kok.


Dikutip dari laman Bisnis, ini yang perlu kamu lakukan ketika tak sengaja pernah berinteraksi dengan orang yang terpapar Covid-19.
 

Segera Tes & Karantina Mandiri

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan tes, seperti tes PCR, rapid, atau Swab. Jika ingin hasil yang tepat, kamu bisa pilih tes PCR.

Namun, jangan sampai 4-5 hari setelah terpapar. Soalnya, tes enggak bisa mendeteksi virus lebih cepat dari itu.

Selain itu, kamu harus mengkarantina diri sendiri selama 14 hari setelah kontak dan memantau setiap gejala yang berkembang.
 

Menghadapi Pasien Covid-19 yang Tinggal Serumah

Nah, kalau kamu tinggal satu rumah dengan orang yang terinfeksi Covid-19, pastikan orang tersebut mengisolasi diri selama setidaknya 10 hari di ruang yang ditentukan, seperti kamar tidur.

Namun, bantu mereka untuk menghindari kontak ketika meninggalkan kamar dengan sering memeriksa mereka menggunakan telepon ya.

Baca Juga: Tetangga Kamu Tertular Covid-19? Ini yang Harus & Jangan Kamu Lakukan

Jika kamu terpaksa harus berinteraksi, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker. Kalau bisa, gunakan masker medis dan bahkan face shield.

Kamu bisa, tinggalkan makanan dan minuman di luar pintunya, tangani cucian mereka dengan hati-hati, sering-seringlah membersihkan permukaan, dan ikuti pedoman lain untuk merawat orang sakit di rumah.

Nah, seandainya kamu mengalami gejala Covid-19, segera lakukan tes ya!