Jangan Asal Utang, Begini Tips untuk Milenial yang Mau Manfaatkan Kredit Fintech

Credit - Canva

Credit - Canva

Like

Saat ini, berbagai platform financial technology (fintech) makin bertebaran. Hal itu tentunya bikin kamu jadi gampang melakukan transaksi keuangan.

Bahkan, enggak sedikit dari milenial yang memanfaatkan platform fintech, dari peer to peer (P2P) lending hingga pay later, untuk mengajukan cicilan atau pinjaman.

Kamu salah satunya enggak nih, Be-emers?

Meski pengajuan kredit jadi lebih mudah lewat platform fintech, tapi kamu juga enggak boleh sembarangan lho. Kamu harus tetap bisa bertanggung jawab atas pinjaman yang kamu ajukan.

Dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah tips nih dari salah satu platform fintech, Kredivo, untuk kamu yang berminat mengajukan pinjaman.


Baca Juga: Mau Kredit Usaha Lewat P2P Lending? Ini yang Perlu Diperhatikan
 

Mampu Menentukan Skala Prioritas

Hal paling pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengajukan kredit adalah set priority. Dengan kata lain, kamu harus mampu menentukan skala prioritas dan batasan dalam bertransaksi.

Ingat, kamu harus bertransaksi sesuai dengan kemampuan. Kredit yang kamu ajukan enggak boleh terlalu berlebihan ya! Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kamu biar enggak boncos!

Makanya, pengajuan kredit yang notabene didominasi sama 85 persen generasi Z dan milenial ini juga perlu dibarengi sama pengetahuan keuangan yang baik. Pihak Kredivo pun menilai kalau milenial perlu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuan pengaturan keuangan mereka.
 

Manfaatkan Kredit untuk Produktivitas

Milenial juga dinilai harus mampu memahami nilai tambah dan jangka panjang dari pengeluaran atau transaksi yang dilakukan.

Menurut Head of Business Development Kredivo Lily Suriani, sebaiknya milenial memanfaatkan fasilitas pinjaman online untuk meningkatkan produktivitas atau menekuni aktivitas baru yang berpotensi mendatangkan pendapatan sampingan.

Nah, dengan semakin 'sibuk' berkegiatan, godaan untuk impulsif dalam belanja online pun jadi bisa ditekan di tengah pandemi ini deh.