Lulus Kuliah, Mau Buka Usaha? Begini Tipsnya

Like

 

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva


Gunakan Pengetahuan Teknologi

Lulusan perguruan tinggi di zaman sekarang itu bisa dibilang merupakan para digital natives yang diperlengkapi secara khusus untuk memanfaatkan kekuatan teknologi. Di antaranya untuk membangun, mempromosikan, dan mengembangkan bisnis mereka.

kamu dapat membeli domain merek dan membangun situs web sebagai langkah awal. kamu juga dapat memanfaatkan media sosial dan menumbuhkan minat pada bisnis dengan membangun pengikut Instagram, menulis untuk blog dan majalah online populer, dan meluncurkan produk di e-commerce.
 

Pelajari Ilmu Keuangan

Keuangan yang baik, tentunya akan menjaga kelangsungan usaha kamu nih, Be-emers. Pada dasarnya sih, semua wirausahawan itu perlu mempersiapkan setiap aspek dalam menjalankan bisnis.

Dalam hal ini termasuk mengembangkan pemahaman yang baik dan kemampuan untuk mengelola aspek keuangan perusahaan mereka, termasuk analisis keuangan, pajak, dan penganggaran.
 

Kegagalan Itu Bagian dari Proses

Sebelum kamu memutuskan untuk menjalani usaha, kamu perlu menyadari kalau bakal ada segala risiko yang akan kamu hadapi. Salah satunya yakni kegagalan.

Namun, wirausahawan muda tidak perlu takut gagal. Kamu harus menyadari bahwa kegagalan dapat mengajari mereka pelajaran berharga tentang bisnis mereka dan jalur yang harus diambil pada karier mereka.

 

Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Masuk di usia 20-an, enggak jarang, banyak yang terjebak dalam quarter life crisis. Apalagi dengan adanya media sosial, secara enggak sadar, kamu kerap iri setiap melihat kesuksesan teman kamu.

Tenang, setiap orang itu punya kesuksesannya masing-masing kok. Itu semua tergantung dari usaha dan waktu nih.

Makanya, jangan terlalu berlebihan membandingkan diri dengan orang lain ya. Soalnya, kelangsungan bisnis akan tercapai dengan baik dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau terjebak dalam apa yang mereka lewatkan lho!

Kamu hanya perlu mengasah visi jangka panjang yang mereka miliki untuk bisnis ini. Mungkin pelajaran terpenting dari semuanya adalah tentang perlunya melepaskan ego dan tetap fokus pada tujuan kamu.
 

Jangan Takut Ambil Langkah Besar

Memang sih, kelihatannya lebih gampang kalau bisa dapat pekerjaan setelah lulus, dapat pengalaman, kemudian baru memulai berbisnis. Namun, ternyata, untuk keluar dari stabilitas seperti itu akan lebih sulit daripada yang kamu pikirkan lho!

Bahkan, kamu mungkin tidak akan pernah mengambil lompatan yang besar dalam hidup. Adapun, kalau misalnya kamu memang butuh penghasilan tambahan saat merintis usaha, kamu bisa juga menghubungi perusahaan rintisan untuk mendapat peluang kerjasama, pelatihan, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengintip Peluang Bisnis Les Bahasa Inggris Bagi Lulusan Sarjana