Lulus Kuliah, Mau Buka Usaha? Begini Tipsnya

Graduation - Canva

Graduation - Canva

Like

Kelulusan merupakan momen yang paling dinanti-nanti saat kamu menempuh pendidikan. Apalagi untuk kamu yang sudah susah payah menyelesaikan tugas akhir/skripsi, pastinya kelulusan adalah hadiah paling manis yang enggak bisa kamu lupakan ya kan?

Nah, setelah lulus, kebanyakan dari kamu pasti langsung melamar pekerjaan di sejumlah perusahaan. Namun, enggak sedikit juga yang memutuskan ingin berwirausaha.

Sebagai lulusan baru, bukan berarti kamu enggak bisa memulai untuk jadi pelaku usaha yang sukses. Makanya, biar enggak sekedar ikut-ikutan untuk berwirausaha, sebaiknya kamu perlu menyiapkan sejumlah strategi nih.

Dikutip dari laman Bisnis, berikut sejumlah tips yang bisa kamu coba sebelum membuka usaha sebagai fresh graduate.

Baca Juga: Fresh Graduated, Ini Interpersonal Skill yang Wajib Kamu Miliki
 

Ikuti Passion

Sebagai seorang pengusaha, pentingnya melakukan pekerjaan yang memberi kamu kegembiraan dan kepuasan tidak bisa dilebih-lebihkan. Faktanya, semangat seorang pendiri adalah kunci untuk memastikan bahwa bisnis berkembang.


Melakukan pekerjaan yang memiliki arti bagi kamu akan memberikan motivasi yang dibutuhkan untuk melewati masa sulit dan masa penuh gejolak yang merupakan bagian tak terelakkan dalam membangun usaha baru.
 

Research!

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah ide bagus di kamar asrama kamu bisa menjadi bisnis yang layak adalah dengan melakukan penelitian.

Jadi, coba deh luangkan waktu untuk mempelajari semua elemen yang digunakan untuk membangun bisnis baru kamu.
 

Buat Jaringan dan Kembangkan Skill Komunikasi

Kamu perlu menyadari kalau berjejaring itu penting lho! Soalnya, jaringan profesional yang kuat sering kali berpengaruh untuk bisnis kamu.

Nah, salah satu cara untuk membangun jaringan ini adalah membuat koneksi sesering mungkin dan dengan sebanyak mungkin orang. Kamu juga harus mempraktikkan pendekatan komunikasi yang berbeda karena ini adalah keterampilan mendasar dalam hidup dan bisnis.