Kamu Lagi Diet? 5 Karbohidrat Berikut Wajib Dikonsumsi

Diet - Canva

Diet - Canva

Like

Diet memang bisa menurunkan berat badan. Namun, sebaiknya, diet juga dilakukan untuk menjaga kesehatan kamu nih.

Nah, salah satu hal yang biasanya dilakukan saat sedang diet adalah mengurangi asupan karbohidrat. Namun, apakah diet harus selalu “bermusuhan” dengan karbohidrat?

Sebenarnya, hal itu enggak benar lho. Justru, sejumlah makanan berkarbohidrat tinggi sebenarnya bagus untuk menurunkan berat badan.

Soalnya, tubuh kamu itu sebenarnya masih membutuhkan karbohidrat ini untuk memberi tenaga pada otak, dan mendapatkan serat yang sehat untuk pencernaan yang lancar.

Makanya, dikutip dari laman Bisnis, ini 5 makanan kaya karbohidrat yang harus kamu masukkan ke dalam diet penurunan berat badan.


Baca Juga: Apa Itu Keto Diet? Is It Really Works?


Roti Gandum Utuh
Sebuah analisis penelitian besar dari 12 studi mengungkapkan bahwa semakin banyak orang makan biji-bijian, termasuk roti gandum, semakin rendah BMI yang mereka miliki.

Terutama saat mengikuti diet Mediterania, makan roti gandum dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan lemak perut.

Untuk membuat roti kamu lebih sehat, kamu bisa menambahkan banyak sayuran di dalamnya.

Nasi Merah
Siapa bilang kamu harus berhenti makan nasi untuk menurunkan berat badan? kamu dapat memilih nasi merah daripada nasi putih sambil mencoba menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian terhadap 430 orang Jepang menemukan bahwa mengonsumsi nasi putih menyebabkan penambahan berat badan sementara makan nasi merah memiliki efek sebaliknya.

Orang yang makan nasi putih selama setahun mengalami kenaikan berat badan yang cukup besar. Sedangkan orang yang makan nasi merah (berapapun jumlahnya) tidak memiliki resiko tersebut. Beras merah kaya akan serat, yang menjadikannya pilihan yang tepat untuk pengamat berat badan.

Oat
Daripada makan sereal manis, pilihlah gandum kuno yang enak. Oat adalah gandum utuh. Dan bagian terbaik dari oat adalah kamu bisa membuatnya manis atau asin sesuai pilihan kamu.

Coba untuk tetap menggunakan oat nabati (yang asin), karena tambahan gula tidak baik untuk menurunkan berat badan.

Apel
Apel bisa melembabkan dan jadi sumber karbohidrat yang sehat. Soalnya, apel punya 86 persen air, yang membantu kamu tetap terhidrasi dan meningkatkan metabolisme kamu.

Ia juga memiliki kualitas prebiotik, yang merupakan suguhan bagi usus kamu.

Ubi Jalar
Biasa disebut sebagai Shakarkand, ubi jalar bisa menjadi bagian dari diet penurunan berat badan yang sehat. Ini lebih rendah kalori, karbohidrat dan tinggi serat dibandingkan dengan kentang putih.

Mereka juga tinggi mikronutrien, termasuk kalium yang pasti kamu butuhkan untuk hasil penurunan berat badan yang sukses.

Jadi, kamu mau coba alternatif sumber karbohidrat yang mana nih untuk diet, Be-emers?