Apa Perbedaan Marketing dan Sales? Yuk, Simak di Sini!

Perbedaan marketing dan sales (Sumber: Pixabay.com)

Perbedaan marketing dan sales (Sumber: Pixabay.com)

Perbedan marketing dan sales terletak pada orientasi pekerjaan yang dilakukan dan tanggung jawab yang diemban. Kebanyakan dari orang menganggap marketing dan sales adalah satu hal yang sama.

Padahal, kedua hal tersebut memiliki fokus dan tugas yang berbeda. Meskipun marketing dan sales bertujuan untuk mencapai target yang sama yaitu keuntungan dari perusahaan.

Sering kali orang salah beranggapan bahwa sales adalah marketing dan begitu sebaliknya.  Bagi kamu yang masih bingung dengan perbedaan marketing dan sales, maka ulasan berikut perlu kamu ketahui agar dapat menyesuaikan minat dan kemampuanmu dalam bidang ini.
 

Tugas Marketing dan Sales

Marketing mencakup keseluruhan proses yang terjadi pada perusahaan dari sistem pada kegiatan bisnis yang bertujuan merencanakan suatu produk, menetapkan harga, menetapkan cara promosi hingga pendistribusian barang dengan tujuan untuk kepuasan dari pelanggan.

Marketing mix adalah salah satu analisa market dan pembuatan strategi yang wajib dipahami oleh seorang marketer yang handal. Marketer akan memproyeksikan seperti apa promosi dan penjualan akan langsungkan. 

Sedangkan pada sales mencakup kegiatan yang lebih fokus terhadap penjualan produk dalam suatu perusahaan dan bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan dari produk saja. Melalui pengertian ini, terlihat bahwa sales merupakan bagian dari bidang marketing.

Marketing memiliki tugas dan fungsi yang lebih kompleks dan rumit dibandingkan dengan sales. Oleh karena itu bagi kamu yang ingin memasuki bidang pemasaran perlu mengetahui perbedaan marketing dan sales, agar kamu tidak salah langkah dalam memilih karir.

Baca juga: Mengenal Pitch Deck Startup Dan Cara Menyusunnya


Segi Strategi

Strategi yang dilakukan oleh marketing adalah menjaga citra dari perusahaan dan mempromosikan nama perusahaan serta produk yang dimiliki dengan mengandalkan kualitas dari produknya. Strategi marketing dibedakan menjadi 3, yaitu B2B, B2C dan C2C. 

Dimana pada B2B atau Business to Business merupakan model pemasaran yang dilakukan pelaku usaha dengan pelaku usaha. Pasalnya, ini dilakukan untuk mendapat kerjasama. Pada B2B biasanya menggunakan media agar dapat menampilkan konten dan portofolio

Pada strategi selanjutnya yaitu B2C atau Business to Consumer yang mana artinya model pemasarannya dari pelaku bisnis ke konsumen. Terkesan terlihat sama dengan proses yang dilakukan oleh sales, namun tetap ada perbedaan marketing dan sales dengan strategi ini.

Pada strategi B2C, maka pelaku dari bisnis lebih banyak menggunakan teknis yang bersifat emosional. Dimana konsumen akan dibawa dengan promosi brand perusahaan serta produk dengan hal yang membuat konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Strategi marketing yang terakhir dengan konsep C2C atau Customer to Customer, model ini merupakan strategi yang dilakukan konsumen yang menjual kembali kepada konsumen lain. Pada proses ini contohnya adalah sebagai seorang reseller atau dropshipper produk orang.

Pada strategi yang dilakukan oleh seorang sales, tidak terlalu mementingkan kualitas dan juga citra dari perusahaan. Namun lebih fokus pada cara penawaran barang ke target pasar untuk meningkatkan nilai penjualan dengan menginformasikan kelebihan dari produknya.


Prioritas dan Fungsi

Selanjutnya, perbedaan marketing dan sales terletak pada prioritas dan fungsi. Pada marketing prioritas nya adalah mendapat citra brand yang baik sesuai kualitas yang dimiliki dan mendapat pelanggan tetap yang menjadi target pasar dari perusahaan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa tujuan dari marketing adalah menjaga nama brand perusahaan di mata konsumen. Sedangkan pada sales prioritas utama adalah  produk laku terjual dan angka penjualan produk dari perusahaan semakin meningkat memenuhi target.

Sehingga fungsi utama dari seorang sales adalah melayani pelanggan dengan membantu mencari benda atau jasa yang diinginkan oleh mereka. Dari hal ini kamu dapat membedakan dengan jelas mengenai hal-hal yang dilakukan antara marketing dengan sales.

Jadi marketing dan sales adalah dua hal yang berbeda meskipun tujuan dari keduanya sama yaitu mendapatkan keuntungan untuk perusahaan. Namun, banyak dari sisi tugas, fungsi, prioritas dan lain hal yang membedakan antara sales dan marketing dalam suatu pekerjaan.

Baca juga: Contoh Bisnis Model Canvas dan Cara Membuatnya untuk Usaha Kecil