Contoh Bisnis Model Canvas dan Cara Membuatnya untuk Usaha Kecil

Contoh bisnis model canvas (Sumber: Pixabay.com)

Contoh bisnis model canvas (Sumber: Pixabay.com)


Usaha model Canvas merupakan salah satu media representasi visual yang dapat menjelaskan sebuah proses bisnis secara komprehensif. Beberapa contoh bisnis model Canvas bisa direalisasikan untuk melangkah lebih maju menuju kesuksesan. 

Cara membuat bisnis canvas untuk startup tentunya berbeda dari strategi-strategi usaha-usaha kecil. Untuk itu, perhatikan dulu bidang bisnis yang Anda tekuni.

Bisnis Model Canvas (BMC) merupakan sebuah metode usaha yang diperkenalkan dengan tujuan menghindari pembuatan rencana bisnis yang panjang dan rumit.

Sebagai pebisnis baru, sudah sepatutnya kamu mengetahui ragam contoh bisnis dalam model canvas beserta cara realisasinya.


Mengulik Contoh Dan Cara Membuat Bisnis Model Canvas Secara Mudah


1. BMC Di Bidang Kafe Kopi

Dewasa ini, kedai kopi semakin banyak dikunjungi para kaula muda. Apabila kamu sedang ingin mengembangkan bisnis, maka tak ada salahnya untuk membuka kafe atau warung kopi yang menyajikan beragam cita rasa kopi favorit kaum milenial.


Start Up Kopi on demand juga ternyata sudah mulai ditekuni serius oleh berbagai pemiliki bisnis. Untuk itu, milikilah planning dan strategi yang baik agar bisnis dapat semakin maju.

Target konsumen dalam bisnis ini merupakan generasi millenial dengan rentangan usia sekitar 17 hingga 35 tahun. Biasanya, pelanggan yang mengunjungi kafe merupakan seorang pelajar, mahasiswa, maupun pegawai. 

Beberapa aktivitas kunci yang perlu dilakukan dalam membangun bisnis canvas antara lain, membeli biji kopi berkualitas, menggunakan bahan pendamping yang juga berkualitas, memberikan pelayanan terbaik, dan mempertahankan kualitas rasa dari contoh bisnis model canvas tersebut.

Hal yang paling mendasar dan perlu dilakukan ialah menentukan lokasi penjualan yang strategis. Misalnya, dekat dengan instansi atau lembaga pendidikan. Dikarenakan masih baru saja terjun ke dunia bisnis, kamu perlu membuat draft pemasukan dan pengeluaran terperinci. 

Baca juga: Influencer Marketing Atau Affiliate Marketing? Mana yang Efektif?


2. Usaha Model Canvas Berupa Olahan Buah Stroberi

Usaha stroberi bisa dikatakan bertujuan untuk memproduksi beragam penganan sehat yang berbahan dasar buah stroberi segar. Mitra kunci dalam usaha ini ialah petani stroberi, pengepul hasil panen stroberi, dan beberapa pemilik toko yang bisa menjajakan produksi olahan stroberimu.

Sebelum memulai usaha, pastikan memilih petani yang menghasilkan buah stroberi berkualitas tinggi. Kamu bisa menentukan berbagai macam olahan stroberi mulai dari selai, sirup, dodol, keripik, jus buah, dan masih banyak lagi.

Melalui bisnis ini dapat diambil target konsumennya berupa anak anak, para pencinta makanan sehat, serta wisatawan yang datang dari luar daerah. Sebelum menjajakannya di toko oleh oleh, kamu perlu meningkatkan kualitas produksi contoh bisnis model canvas yang sedang dibangun.


3. BMC Makanan Ringan Olahan Rumput Laut

Meskipun perkembangan teknologi semakin maju, masih banyak sekali orang orang yang mencanangkan gaya hidup sehat. Mereka bahkan lebih memilih mengonsumsi makanan sehat ketimbang makanan berlemak yang sedang menjadi trend saat ini.

Bisnis makanan ringan hasil olahan rumput laut menjadi salah satu usaha canvas yang akan sangat menguntungkan. Pada dasarnya, model canvas merupakan sebuah bentuk penyederhanaan suatu proposal bisnis yang ditujukan kepada para pemula usaha.

Teruntuk kamu yang ingin memulai sebuah usaha, bisa membangun bisnis di bidang olahan rumput laut. Target konsumennya tentu saja orang orang yang mencintai pola hidup sehat. Untuk mitra kuncinya, kamu bisa memilih petani rumput laut berkualitas.

Sebagai contoh, kamu bisa membangun bisnis olahan rumput laut seperti dodol, keripik, nori, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk memilih media promosi untuk memasarkan bisnis yang sedang kamu bangun. Pilih sumber modal terpercaya yang dapat menghasilkan keuntungan dalam contoh bisnis model canvas tersebut.

Usaha model canvas merupakan sebuah media penyederhanaan rencana bisnis yang biasanya menjadi ketakutan terbesar para enterpreneur pemula. Namun, melalui penerapan BMC, kamu bisa mengembangkan usaha di bidang perkopian maupun makanan olahan secara efektif.

Gimana? Menarik bukan? Untuk kamu yang mau memulai bisnis tapi bingung, coba dapatkan berbagai inspirasi menarik lainnya dari peluang usaha yang ada di Bisnis Muda. 

Baca juga: Jadi Tren Kuliner, Intip Peluang Bisnis Se'I Sapi Yuk!