4 Ide Bisnis Kreatif Out of The Box yang Bisa Kamu Coba!

Out of The Box - Canva

Out of The Box - Canva

Like

Kreativitas merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah bisnis. Apalagi kini banyak sekali bisnis musiman dan terbenam akibat kehilangan peminatnya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya inovasi ide bisnis yang ditawarkan.

Buku sadar kaya mengajarkan seseorang untuk beranjak dari tempat nyamannya dan mengejar kesuksesan yang ia impikan tanpa perlu takut untuk mencoba. Istilahnya dalah membuang batu pualam. 

Agar bisa mempertahankan suatu usaha, maka diperlukan sebuah ide bisnis yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen saja melainkan ide yang membedakan kamu dengan kompetitor.

Penasaran bagaimana caranya ? Yuk simak beberapa ide bisnis kreatif berikut.


Menjual Barang Antik

Tidak sedikit orang dari kalangan lanjut usia yang rindu dengan beragam produk atau teknologi zaman dahulu karena ingin bernostalgia. Namun siapa sangka, jika kini tak hanya orang lanjut usia saja tetapi banyak juga kalangan muda yang memiliki selera mengoleksi beragam benda antik. 

Bahkan saat ini kamu juga bisa menemukan dengan mudah beberapa komunitas yang mengoleksi beragam barang tempo dulu. Oleh karena itu, bisnis jual beli barang antik saat ini masih relevan dan masih banyak yang menyukainya.


Sebelum mencoba ide bisnis satu ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terutama bagi kamu yang belum pernah mengenal pasar barang antik. Pertama tama, kamu perlu dekat dengan orang ataupun komunitas kolektor barang dengan nuansa kuno tersebut.

Usai melakukan riset tersebut untuk memunculkan ide bisnis kreatif, kamu bisa mengetahui jenis barang apa sajakah yang biasanya laku di pasaran. Contoh benda antik yang bisa kamu gunakan untuk usaha yaitu otomotif, perabotan, dan kamera analog.

Baca juga: Jangan Sepelekan Bisnis Cuci Sepatu!


Florist

Jika kamu termasuk orang yang suka merawat tanaman berbunga, maka dengan membuka suatu usaha florist atau toko bunga bisa menjadi ide bisnis yang sangat menjanjikan. Nantinya, kamu tidak hanya sekedar menjual beragam tanaman berbunga saja, tetapi juga mendesain dan merangkai buket.

Meski kini jasa florist bisa ditemukan dimanapun itu, namun permintaan pembuatan buket tidak pernah berkurang. Apalagi ketika musim wisuda, pastinya bisnis kamu akan dicari cari oleh banyak pelanggan. Akan tetapi jika kamu memanfaatkan momen tertentu untuk ide bisnis kreatif ini saja tidaklah cukup.

Karena kamu juga perlu memperluas cakupan usaha kamu ke berbagai daerah. Kamu pula bisa menambahkan beragam jenis buket bunga dengan kreasi lainnya yang menarik, seperti papan bunga yang desainnya disesuaikan untuk berbagai acara.


Souvenir Pernikahan Custom

Setiap kali menghadiri pesta pernikahan, pastinya kamu akan diberikan souvenir sebagai buah tangan para tamu undangan. Namun apakah kamu tahu, bahwa biasanya souvenir tersebut terkadang memiliki desain yang kurang variatif dan membosankan.

Hal tersebut bisa kamu manfaatkan dengan menjadikannya sebagai inspirasi untuk memulai bisnis souvenir pernikahan yang tidak biasa. Kamu bisa mempersiapkan beragam benda yang sekiranya jarang digunakan untuk souvenir, serta memiliki bentuk yang unik.

Baca juga: Peluang Bisnis Pasca Corona yang Bisa Dilakukan di Rumah!


Desain Case Handphone

Sebagian orang setuju bahwa mempercantik tampilan casing smartphone masuk ke dalam kebutuhan yang wajib dipenuhi.

Beruntungnya, sudah banyak toko yang menawarkan desain casing unik dan cantik untuk memaksimalkan penampilan, sekaligus membantu melindungi gadget dari benturan. 

Karena hal tersebutlah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ide bisnis kreatif selanjutnya. kamu pula bisa menyiapkan beragam varian case handphone, mulai dari polos hingga bermotif. Bahkan kamu juga bisa menyediakan case handphone custom sesuai dengan keinginan pelanggan.

Sebenarnya masih banyak ide bisnis lainnya yang bisa kamu coba untuk mendatangkan keuntungan. Mengingat di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa memanfaatkan segala sumber daya yang ada untuk membangun sebuah bisnis yang menggiurkan. 

Baca juga: 5 Tips Sukses Jalankan Bisnis Kue yang Wajib Kamu Coba