Gojek Lakukan Hal Ini untuk Pelaku UMKM

Workshop - Canva

Workshop - Canva

Like

Saat ini, ketika kamu memutuskan untuk emnjadi pelaku UMKM, kamu tentunya perlu untuk mampu beradaptasi. Salah satunya dengan memanfaatkan akses digital.

Apalagi, saat ini pola masyarakat cenderung lebih suka belanja jarak jauh atau lewat pesan antar lho! Sistem pesan antar pun dinilai lebih efisien.

Makanya, enggak heran deh, kalau sekarang banyak pelaku UMKM yang bekerjasama dengan sejumlah platform delivery. Salah satunya yakni melalui layanan pesan antar makanan online, GoFood.

Apalagi, seperti yang diketahui, pelaku usaha yang bergabung sebagai mitra GoFood enggak hanya memperluas jangkauan pasar saja. Namun, juga mendapatkan berbagai fasilitas dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya.

Nah, diketahui dari laman Bisnis, GoFood juga membangun jejaring sesama mitra usaha lewat Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) yang dibentuk satu tahun lalu.


Baca Juga: Wah, GoFood Jadi Layanan Terbaik di Dunia!

Bahkan, keberhasilan KOMPAG dalam mendukung UMKM selama pandemi diakui oleh hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) berjudul Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19.

Dalam riset tersebut, UMKM kuliner dan non-kuliner yang baru bergabung ke ekosistem Gojek merasa mendapatkan keterampilan baru, meliputi:
  • Keterampilan berjualan online (77 persen),
  • Pemanfaatan media sosial untuk bisnis (48 persen), dan
  • Kreativitas dalam pemasaran (45 persen).

Menurut Head of GoFood Merchant Marketing Felicia Wijaya, selama pandemi, salah satu tujuan utama GoFood adalah mendukung mitra usaha bertahan dan mengembangkan bisnis sebaik-baiknya dengan menggunakan inovasi teknologi di ekosistem Gojek.

Selain itu, pihaknya juga terus menyesuaikan bentuk dan materi yang dibawakan KOMPAG, agar dapat memberi manfaat non-teknologi, sebesar-besarnya kepada UMKM kuliner di masa yang menantang ini.

Selama pandemi, sesi pelatihan reguler KOMPAG diadakan secara online dan diikuti rata-rata 2.000 peserta per sesi atau naik 20 kali lipat dari jumlah anggota yang hadir ke pertemuan fisik di masing-masing kota.

Enggak cuma itu, judul pelatihan KOMPAG disesuaikan sehingga dapat menjawab kebutuhan para mitra UMKM, baik untuk meningkatkan transaksi dengan solusi dari ekosistem Gojek dan tips dan trik dari para praktisi untuk mengembangkan usaha dengan strategi pemasaran yang kreatif.

Baca Juga: Tren UMKM Kuliner Go-Digital, Ini Protokol yang Dilakukan GoFood