5 Cara Ini Bantu WFH Kamu Enggak Gampang Kena Distraksi

Work From Home - Canva

Work From Home - Canva

Like

Sejak adanya pandemi Covid-19, kegiatan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan. Hal itu tentunya untuk mencegah penularan virus Covid-19 di lingkungan kantor.

Namun, apakah pekerjaan kamu lebih efektif ketika WFH?

Ketika kamu bekerja di rumah, berbagai distraksi seperti gangguan internet yang kurang stabil, hingga godaan seperti menonton Youtube hingga keasyikan bermain di media sosial kerap terjadi. Alhasil, pekerjaan kamu jadi enggak se-produktif ketika bekerja di kantor.

CEO Microsoft Satya Nadella mengakui bahwa batasan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan menjadi kabur lho saat WFH. Bahkan, terkadang kamu merasa seperti tidur di tempat kerja.

Kamu suka kayak gitu juga enggak nih, Be-emers?


Nah biar kamu enggak gampang kena distraksi, dikutip dari Bisnis, ini cara yang bisa kamu lakukan saat WFH.

Baca Juga: 4 Tips Mengurangi Nyeri Punggung Selama Bekerja di Rumah
 

Tetapkan dan Patuhi Rutinitas

Membagi garis antara waktu kerja dan waktu pribadi bisa membuat stres lho. Sehingga, kamu pun harus membuat jadwal nih, Be-emers.

Mulailah bangun dan makan sarapan di waktu yang sama setiap hari, dan pertahankan waktu alternatif untuk berolahraga, membaca, atau mendengarkan musik sebelum mulai bekerja.

Jadi, saat jam kerja selesai, kamu bisa berhenti bekerja. Saat itu juga, kamu bisa fokus pada kehidupan pribadi kamu deh.
 

Tinjau Manajemen Waktu

Menurut psikolog Emma Donaldson-Feilder, sebaiknya, kamu menetapkan target dan menulis daftar tugas yang memprioritaskan dan menetapkan tenggat waktu untuk tugas.

Kamu bisa menerapkan skema ala Emma ini selama WFH:
  • Delete: ini berlaku untuk sekitar setengah dari email yang Anda terima.
  • Do: jika mendesak atau bisa diselesaikan dengan cepat.
  • Delegate: jika orang lain bisa menanganinya dengan lebih baik.
  • Snooze: sisihkan waktu untuk membuka email yang akan membutuhkan waktu lebih lama untuk ditangani.