Meski Banyak Promo, Ini Cara Bijak Belanja di Tengah Pandemi

Shopping - Canva

Shopping - Canva

Like

Pandemi Covid-19 memang masih menghantui. Hal itu jelas menekan kinerja para pelaku usaha.

Alhasil, sejumlah strategi seperti promosi seringkali dilakukan para pelaku usaha untuk bertahan di tengah pandemi dan enggak kehilangan pelanggan.

Di satu sisi, hal itu jelas bikin kamu sebagai konsumen jadi lebih untung nih. Eits, tapi ingat, jangan sampai kamu “laper mata” dan malah jadi boros ya!

Soalnya, di tengah pandemi seperti sekarang ini, kamu juga dituntut untuk lebih hemat.

Nah, dikutip dari laman Bisnis, ini cara belanja yang asyik di tengah pandemi sekaligus bisa mencegah kebiasaan impulsif kamu!


Baca Juga: Mau Hemat saat Belanja Bulanan? Kamu Bisa Lakukan Cara Ini
 

Perhatikan Kebutuhan

Pertama, kamu bisa cek isi lemari atau rak di rumah kamu. Hal ini bisa membangun kesadaran soal kecukupan kebutuhan lho!

Selain itu, coba untuk catat apa saja kebutuhan kamu. Coba fokus juga untuk cari hal yang hanya kamu butuhkan saja.

Coba juga untuk menghindari kebiasaan membuka website belanja daring dan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan.
 

Realistis

Sifat kritis itu juga penting lho sebelum kamu belanja. Kamu bisa mengevaluasi apa saja barang yang masih bisa digunakan dan yang disumbangkan.

Selain itu, kalau misalnya barang di rumah kamu sudah enggak bisa diperbaiki, kamu juga harus realistis untuk mengeliminasi barang tersebut, bukan malah menambah barang yang sama dan akhirnya menumpuk di rumah.

Walaupun kamu terpaksa membeli barang baru, carilah barang yang bisa bertahan lama, baik dari sisi kualitas dan tampilan.
 

Jangan Tergoda & Tetap Bertanggung Jawab

Ingat ya, semurah apapun, uang adalah barang yang harus digunakan dengan bijaksana lho, Be-emers. Jadi apapun barang yang dibeli dengan uang, harus barang yang dibutuhkan!

Enggak cuma itu, kamu juga harus belajar memisahkan uang dan memanfaatkan dengan bijaksana untuk memulai hidup minimalis. Adapun, penting pula untuk kamu bertanggung jawab terhadap barang yang kamu beli dan jangan sampai enggak berguna sama sekali ya!

Baca Juga: Belanja Online Emang Gampang, Tapi Gampang Pula Bikin Keuangan Kalian Bermasalah