Gojek Kolaborasi dengan Telkomsel, Layanan GoPay Diprediksi Tumbuh Lebih Cepat

GoPay - Image: Gojek

GoPay - Image: Gojek

Like

Kabar Telkomsel yang resmi jadi investor Gojek, rupanya enggak hanya soal masalah pendanaan doang nih, Be-emers.

Memang sih, dengan kerja sama tersebut, pihak Telkomsel telah menyuntikkan dana sebesar US$150 juta ke startup unicorn tersebut. Lebih dari itu, kerja sama tersebut tentunya bakal berpengaruh ke kinerja keduanya.

Kalau kita lihat dari sisi Gojek, hal itu dinilai bakal berpengaruh terhadap pertumbuhan Gopay, yang bakal jadi lebih cepat nih.

Dilansir dari Bisnis, penetrasi layanan dompet digital Gojek itu diprediksi bakal makin dalam seiring dengan kolaborasi yang terjalin antara Telkomsel dengan Gojek. Kok bisa sih?

Baca Juga: Telkomsel Resmi Investasi US$150 Juta ke Gojek! Gimana Prospek Kolaborasi & Saham TLKM?


Soalnya, dari sisi Telkomsel, pemanfaatan data milik Gojek bakal bikin produknya makin kreatif.

Nah, menurut Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Izzuddin Al Farras Adha, kerja sama tersebut juga akan meningkatkan akses UMKM terhadap layanan keuangan GoPay.

Izzudin menambahkan, sebagian besar layanan GoPay emang tertuju ke masyarakat dan pelaku UMKM. Alhasil, kerja sama Telkomsel dan Gojek jelas bakal bikin penetrasi layanan GoPay jadi semakin luas deh.

Sementara itu, perlu disadari juga, hal tersebut tentunya butuh pendanaan besar. Makanya, kolaborasi ini dinilai bakal menguntungkan Gojek, salah satunya melalui layanan GoPay.
 

Berpeluang Lebih Unggul dari OVO

Enggak tanggung-tanggung nih, menurut Chief Marketing Officer Jarvis Asset Management Kartika Sutandi, kerja sama tersebut bahkan bisa membuat Gopay berpeluang jadi lebih besar dibandingkan dengan pesaingnya, yakni OVO.

Kartika menilai, Telkomsel bisa saja menjadikan Gopay sebagai satu-satunya layanan keuangan digital yang memiliki akses untuk isi pulsa para pelanggannya. Nah, kalau sampai skema itu kejadian, besar kemungkinan transaksi melalui GoPay bakal melejit.

Meski begitu, Gopay punya tantangan terberat untuk bisa menyaingi OVO. Tantangan tersebut yakni belum adanya kerja sama dengan perusahaan e-commerce.

Jadi, menurut Be-emers, kira-kira GoPay benar-benar bakal jauh lebih unggul enggak nih lewat kerja sama Gojek dengan Telkomsel?

Baca Juga: Upaya Raup Peluang, GoPay dan OVO Bakal Perbanyak Kolaborasi