Bingung Memulai Bisnis? Ini Tips yang Perlu Kamu Perhatikan

Confused - Canva

Confused - Canva

Ada satu waktu dimana kamu iri dengan pencapaian teman kamu yang sukses menjalani bisnisnya. Saat itu juga, kamu jadi tertarik untuk menggeluti dunia usaha.

Namun, ternyata kamu malah kebingungan sendiri karena enggak tahu harus mulai dari mana dan bagaimana untuk menjalani suatu usaha.

Eits, tenang, hal itu bukan jadi penghalang kamu untuk memulai bisnis kok, Be-emers. Namanya juga pemula, kamu pastinya masih perlu belajar banyak hal.

Nah, daripada gundah gulana, dikutip dari Bisnis, ada sejumlah tips nih yang bisa kamu terapkan supaya enggak kebingungan memulai suatu usaha.

Baca Juga: Mau Jadi Pengusaha Kreatif? Begini Tipsnya
 

Bertanggung Jawab ke Diri Sendiri.

Kalau kamu enggak puas dengan keadaan kamu saat ini, akuilah bahwa enggak ada yang bisa memperbaikinya kecuali kamu.

Enggak ada gunanya juga sih menyalahkan ekonomi, atasan kamu, pasangan kamu atau bahkan keluarga kamu. Soalnya, perubahan hanya bisa terjadi ketika kamu membuat keputusan sadar untuk mewujudkannya.
 

Identifikasi Bisnis yang Tepat

Langkah selanjutnya, kamu bisa beri keleluasaan buat diri kamu sendiri untuk eksplorasi. Coba deh, buka semua perspektif untuk untuk melihat berbagai aspek diri seperti kepribadian, gaya sosial, usia, dan dengarkan intuisi kamu.

Nah, sebenarnya ada tiga cara atau pendekatan juga nih untuk tahu bisnis apa sih yang tepat buat kamu?
  • Lihatlah pekerjaan yang telah kamu lakukan untuk orang lain di masa lalu dan pikirkan tentang bagaimana kamu bisa mengemas keterampilan itu dan menawarkannya sebagai layanan atau produk kamu sendiri.
  • Lakukan apa yang orang lain lakukan. Misalnya, kamu bisa pelajari tentang bisnis lain yang menarik minat kamu.
  • Selesaikan masalah umum: Apakah ada celah di pasar? Apakah ada layanan atau produk yang ingin kamu pasarkan? Kalau kamu memilih untuk melakukan ini, pastikan kamu menjadi siswa dan dapatkan pengetahuan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang.
 

Buat Rencana Bisnis

Rencana akan membantumu mencapai pasar lebih cepat lho! Rencana bisnisjuga  akan membantu kamu mendapatkan kejelasan, fokus, dan kepercayaan diri.

Rencana enggak perlu lebih dari satu halaman kok. Saat kamu menuliskan tujuan, strategi, dan langkah tindakan kamu, bisnis kamu menjadi nyata.