Bingung Memulai Bisnis? Ini Tips yang Perlu Kamu Perhatikan

 

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva


Kenali Target & Bangun Jaringan

Sebelum kamu mengeluarkan uang, cari tahu apakah orang benar-benar akan membeli produk atau layanan. Kamu juga bisa melakukan ini dengan memvalidasi pasar bisnis kamu.

Selain itu, kalau kamu sudah membuat komitmen bisnis, kamu juga perlu nih untuk mengembangkan jaringan pendukung, mitra, hingga vendor. Kalau  kamu percaya pada bisnis yang dijalani, orang lain juga akan percaya kok!
 

Pahami Keuangan

Sebagai seorang pengusaha, kehidupan pribadi dan bisnis tentunya saling berhubungan. Sebagai awalan, kamu cenderung jadi investor pertama, atau mungkin satu-satunya.

Makanya, sebelum mencari investor, penting untuk punya pemahaman terperinci tentang keuangan pribadi dan kemampuan untuk melacaknya.

Selain itu, kamu akan membutuhkan jumlah uang yang berbeda untuk meluncurkan dan mengembangkan bisnis. Jadi, perhatikan kembali rencana bisnis kamu dengan matang ya!
 

Jual Hal yang Menciptakan Nilai

Meskipun kita membeli produk dan layanan setiap hari, sebenarnya seseorang cenderung enggak ingin menjadi objek penjualan lho.

Makanya, coba fokus untuk melayani orang lain. Semakin banyak orang yang kamu layani, semakin banyak uang yang akan dihasilkan.

Coba pelajari, kira-kira apa sih yang dibutuhkan dan bernilai di mata calon pelanggan.
 

Share It!

Apalah arti sebuah bisnis tanpa adanya promosi dan informasi ke masyarakat. Makanya, jangan lupa juga untuk mengumumkan bisnis kamu ke berbagai platform ya!

Kamu bisa menyebarluaskan info tentang usaha kamu di media sosial, banner, hingga memasang iklan. Meski begitu, coba juga cara kreatif untuk mempromosikan bisnis kamu agar gampang dilirik calon pelanggan ya!

Baca Juga: Ini Tools Project Management untuk Kelola Bisinis