Mau Jadi Pengusaha Kreatif? Begini Tipsnya

Creativity - Canva

Creativity - Canva

Menggeluti dunia kreatif itu, bagi sebagian orang, sangat menyenangkan lho! kamu termasuk kategori orang yang kreatif kah, Be-emers?

Dilansir dari laman Hello Sehat, ada sejumlah ciri yang menandakan kalau seseorang itu kreatif lho. Ciri tersebut antara lain:
  • Suka berimajinasi
  • Punya banyak energi dan tetap fokus
  • Aktif dan selalu ingin tahu
  • Mencintai apa yang dikerjakan dan cenderung fleksibel

Selain itu, orang yang kreatif juga erat kaitannya dengan cara berpikir yang “out of the box” alias bisa berpikir atau menghadirkan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya.

Nah, bisnis di industri kreatif pun makin berkembang nih, Be-emers. Pelaku usaha kreatif atau yang biasa disebut creativepreneur tentunya menjadi tantangan tersendiri.

Dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah tips nih untuk kamu yang mau jadi pengusaha kreatif.

Baca Juga: Apa Fungsi Otak Kanan? Yuk, Cari Tahu Seberapa Kreatif Kamu
 

Temukan Celah Pasar

Biar cuan, kamu perlu menemukan basis konsumen lho. Cara mudahnya yakni dengan melihat masalah yang dihadapi oleh kamu dan orang lain, serta temukan solusinya.

Setelah itu, kamu bisa dengan mudah menghasilkan pendapatan dengan menyelesaikan masalah tersebut untuk orang lain. Soalnya, setiap pasar itu kompetitif dalam beberapa kapasitas.

Kalau kamu mau jadi seorang artis atau bahkan kreator konten, kamu bisa mem-bypass persaingan dengan cara kreatif dan menciptakan ruang sendiri yang beda dengan orang lain.
 

Bangun Relasi dan Ciptakan Lingkungan Bisnis

Sebenarnya, ada banyak bisnis yang terpusat pada seni dan kreativitas. Nah, kamu bisa menerapkan konsep Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).

Selain itu, dalam industri kreatif, penting banget untuk membangun relasi atau jaringan. Kalau kamu merasa terlalu introvert, kamu bisa menciptakan lingkungan bisnis dan mencari peluang untuk merujuk bisnis kamu kepada orang lain.
 

Selalu Punya Motivasi

Selain passion, memastikan diri untuk tetap selalu termotivasi juga penting lho, Be-emers. 

Apalagi di industri kreatif, yang mana kamu harus selalu menciptakan sesuatu yang unik dan menarik. Pastinya, dengan motivasi yang tinggi, akan selalu membuat kamu semangat untuk berkarya!
 

Pikirkan Pendanaan

Kalau kamu masih bekerja di industri yang jauh dari kata kreatif, maka jangan terburu-buru untuk langsung pamit dan meninggalkan pekerjaan kamu itu.

Kalau kamu belum punya modal untuk membangun usaha di bidang kreatif, kamu bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu dari gaji kamu.

Terlebih, jika kamu sudah punya konsep usaha atau bisnis kreatif yang matang, enggak ada salahnya lho untuk mencari pendanaan lewat investor. Adapun, kamu bisa mulai dulu dari skala kecil, misalnya melalui Crowdfunding.
 

Konsisten dan Pertimbangkan Pilihan Kamu

Membangun usaha mungkin kelihatannya mudah. Namun, menjaga konsistensi untuk sellau berkarya, kadang enggak semudah yang dipikirkan nih, Be-emers.

Nah, membangun komunitas di sekitar kamu dan pengoperasian bisnis bisa jadi kunci sukses lho. Enggak cuma akan membuat kamu termotivasi, hal itu juga akan menciptakan lingkungan di mana setiap orang mendorong inovasi.

Terakhir, coba deh untuk jujur sama diri kamu sendiri tentang kelemahan dan kekuatan yang dimiliki. Hal itu bisa membantu kamu untuk menghadapi situasi seperti “badai kreativitas”, yang bisa saja membuat kamu sulit untuk bersikap objektif.

Baca Juga: Di Era Digital, Begini Cara Mengubah Keterbatasan di Masa Karantina Menjadi Kreativitas yang Berujung Cuan