Memang Ngeluh bisa menyelesaikan Masalah?

Kondisi Pandemi (Photo by Li Lin on Unsplash)

Kondisi Pandemi (Photo by Li Lin on Unsplash)

Like

Masa Pandemi merupakan masa yang sulit untuk dihadapi. Banyak yang mengalami kerugian, bukan hanya berdampak kepada usaha kecil dan menengah tetapi juga sekelas perusahaan rugi jutaan bahkan miliyaran dan terpaksa memberhentikan banyak karyawan karena tidak sanggup memutar roda perusahaan.

Sebagai Pebisnis Muda Be-emers tentu juga terkena dampak dari pandemi ini, tetapi yang membedakannya kita dengan yang lainnya adalah kita  mempunyai daya tahan yang tinggi dan mampu beradaptasi dan berinovasi di keadaan yang sangat sulit ini. Adanya pandemi ini bukan menjadi masalah tetapi menjadi peluang usaha.

Tentunya bukan usaha yang ngikut-ngikut seperti jual masker, hand sanitizer, dan kawan- kawan, tidak ada yang salah dengan ikut-ikutan tetapi lebih baik ciptakan peluang sendiri dan pasar sendiri. Boleh ikut-ikutan tetapi tambahkan nilai lebih pada produk seperti masker yang ditambah dengan nilai seni dengan tambahan ornamen gambar sehingga orang yang menggunakan masker menjadi lebih pede bahkan pembeli mau mengkoleksi masker yang dibuat.

"Sedikit lebih beda, lebih baik, dari pada menjadi sedikit lebih baik"  - Pandji Prawigaksono

Adanya pandemi ini seharusnya kita pandang menjadi Berkah, kenapa? ini pendapat pribadi kenapa pandemi ini berkah


1. Banyak orang menjadi lebih peduli terhadap kebersihan dan kesehatan seperti cuci tangan, penggunaan hand sanitizer, dan lainnya

2. Meningkatnya jiwa sosial dari masyarakat, bisa dilihat dari banyaknya yang membagikan masker gratis, makanan gratis, dan banyaknya penggalangan Donasi online terhadap korban terdampak Covid 19 

3. Bisa menikmati banyak seminar online yang berkualitas dengan berbagai tema dari berbagai tokoh, ahli, influencer mulai dari gratis sampai berbayar. 

4. Terhindar dari kemacetan dan polusi udara kota

5. Bisa menghabiskan banyak waktu untuk membaca buku dan artikel seperti artikel Bisnis Muda (promosi hehe)

Ini hanya sebagian kecil dari banyaknya berkah yang bisa kita dapatkan ketika pandemi ini. Tapi terlepas dari itu, jangan lupa untuk terus berdoa agar pandemi ini segera berakhir dan segera ditemukan vaksinnya Aamiin

Jadi masih mau mengeluh ?

Mengeluh tak akan menyelesaikan masalah. Mengeluh bisa membuat stress dan buat imun tubuh menurun sehingga kemungkinan terdampak Covid 19 menjadi lebih besar. Daripada mengeluh yuk ikut membantu masyarakat yang terdampak Covid 19 dan menjadi Local Heroes  yang menggerakkan roda perekonomian dan agen perubahan.