Pandemi Dinilai Jadi Peluang Emas Industri Asuransi Lho! Kok Bisa?

Insurance - Canva

Insurance - Canva

Belakang ini, memang maraknya kasus gagal bayar yang menimpa sejumlah perusahaan asuransi. Namun, hal itu rupanya enggak mempengaruhi kinerja sektor proteksi ini lho, Be-emers.

Bahkan, saat pandemi Covid-19 menekan sektor lain, hal ini justru dinilai jadi peluang atau kesempatan emas industri asuransi nih.

Pihak PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz), dikutip dari laman Bisnis, menilai kalau kondisi pandemi ini merupakan kesempatan emas bagi industri untuk memasarkan produk asuransi kesehatan. Hal itu sejalan dengan upaya edukasi pentingnya proteksi diri.

Menurut Chief Marketing Officer Allianz Karin Zulkarnaen, situasi saat ini merupakan momentum yang tepat bagi perusahaan asuransi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap proteksi. Nah, salah satu produk yang dapat ditonjolkan yakni asuransi kesehatan.

Sementara itu, dari pihak Allianz Indonesia sendiri, telah berhasil mencatatkan peningkatan perolehan premi asuransi kesehatan selama pandemi Covid-19 ini lho!

Diketahui, di kuartal ketiga tahun 2020, perolehan premi asuransi kesehatan Allianz Indonesia yakni sebesar Rp496 miliar. Jumlah itu meningkat 42,3 persen (year-on-year/yoy) dibanding dengan kuartal III/2019, yaitu senilai Rp348,5 miliar.

Bahkan, di kuartal III/2020, pihaknya juga telah membukukan total premi bruto Rp10,86 triliun. Jumlah tersebut meningkat 28,45 persen (yoy) dibandingkan dengan perolehan premi kuartal III/2019 senilai Rp8,46 triliun.

Baca Juga: Kerap Dihadapi Masalah Besar, Industri Asuransi Ternyata Terus Tumbuh Lho
 

Inisiatif Bisnis dan Optimalisasi Kanal

Peningkatan kinerja tersebut, menurut Karin, sangat dipengaruhi sama sejumlah inisiatif bisnis yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Misalnya, tahun ini, Allianz Indonesia diketahui telah  meluncurkan sejumlah produk asuransi maupun rider terbaru yang lebih relevan.

Enggak cuma itu, Karin juga menilai kalau optimalisasi semua kanal penjualan pun jadi hal yang cukup krusial saat pandemi Covid-19. Adapun, saat ini, Allianz sendiri punya empat kanal pemasaran, yakni agen, bancassurance, kumpulan (corporate sales), dan digital.

Baca Juga: Simak Pengalaman Wirausahawan Ini Soal Pentingnya Asuransi