Ini Langkah Bisnis yang Bisa Kita Terapkan dari Serial Netflix: The Queen's Gambit

Netflix - Canva

Netflix - Canva

Like

Platform video on demand di tanah air memang sedang laku keras di pasaran, apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Netflix merupakan salah satu plaform video on demand yang punya banyak penggemar. Enggak cuma itu, berbagai pilihan tontonan seperti film, dokumenter, hingga serial terbaik pun tersaji dalam platform asal AS tersebut.

Serial The Queen's of Gambit adalah salah satu serial Netflix yang cukup digemari banyak orang nih. Bahkan, dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah hal dalam serial tersebut yang bisa diterapkan untuk bisnis kamu nih, Be-emers.

Baca Juga: 10 Makna Story of Kale, Belajar Memahami Diri Sendiri


Pentingnya Presentasi

Dalam serial The Queen's of Gambit, hampir setiap scene menampilkan visualisasi indah dari gaya dan mode tahun 1950an hingga 1960an. Mulai dari desain kostum, sinematografi, hingga kohesi gambar di layar.

Hal-hal estetik tersebut bisa membangun kepercayaan dan membuat penonton merasa nyaman saat menonton serial tersebut.

Nah, hal ini juga berlaku ketika kamu emnjalani sebuah bisnis. Misalnya, di saat kamu melakukan meeting Zoom dengan klien, pastikan penampilan dan suasana ruangan kamu rapi meski berada di rumah.

Antara Sukses dan Kegagalan
Dalam serial The Queen's of Gambit, Harmon tertarik dengan catur saat pertama kali dia melihat Mr. Shaibel, petugas kebersihan di Methuen Home for Girls, bermain sendirian di ruang bawah tanah.

Kemudian, Harmon bertanya pada Shaibel apakah dia akan mengajarinya. Dia mengatakan tidak, dan Harmon pergi sambil kecewa.

Meski begitu, Harmon tidak menyerah; dia kembali di lain hari dan mengawasi Shaibel, mempelajari bagaimana tiap buah catur bergerak hanya dalam beberapa menit. Akhirnya, dia pun membuat Shaibel terkesan dengan keuletannya dan matanya yang luar biasa untuk detail, dan dia mengalah, dengan enggan mengajarinya aturan permainan.

Susun Rencana dan Buat Improvisasi
Salah satu kesulitan terbesar Harmon dalam permainan catur adalah berimprovisasi dan mempelajari sejarah pemain hebat lainnya.

Sebagai anak yang ajaib, dia merasa lebih nyaman membaca dan bereaksi terhadap set permainan secara real time dan mempercayai dirinya sendiri untuk membuat langkah terbaik dalam skenario apa pun.

Namun, di tempat lain, ada banyak pemain catur hebat dengan lebih banyak pengalaman dan lebih disiplin yang menggunakan gaya itu untuk melawan Harmon.

Dengan cara yang sama, penting bagi wirausahawan untuk menjadi orang yang fleksibel. Bukan hanya karena kamu memulai bisnis baru, enggak berarti setiap elemen akan menjadi baru juga nih.

Di saat yang sama, penting juga untuk kamu mengetahui kapan harus berimprovisasi dalam merealisasikan rencana bisnis.

Baca Juga: Library Pictures Bakal Danai CJ Entertainment untuk Produksi Film di 3 Negara, Indonesia Salah Satunya Lho!