Ini Alasan Investasi Reksa Dana Cocok untuk Kamu yang Punya Budget Pas-Pasan

Budget - Canva

Budget - Canva

Like

Selain menabung, investasi tentunya penting banget untuk kebutuhan finansial kamu. Ada berbagai macam pilihan instrumen investasi yang bisa kamu coba.

Meski begitu, berinvestasi tentunya juga perlu disesuaikan dengan budget nih, Be-emers. Terus, gimana kalau budget kamu pas-pasan?

Nah, reksa dana rupanya bisa jadi pilihan instrumen investasi nih buat kamu yang punya dana terbatas!

Menurut praktisi pasar modal Raymond Budiman, dikutip dari Bisnis, para calon investor yang punya dana terbatas bisa memanfaatkan reksa dana sebagai instrumen pilihan.

Bahkan, dengan dana awal sebesar Rp100 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi melalui reksa dana lho!


Baca Juga: Memulai Investasi Reksa Dana Sejak Muda, Kenapa Enggak?
 

Tingkat Return Cenderung Tinggi

Selain itu, salah  satu keunggulan instrumen ini adalah tingkat return yang cenderung lebih tinggi dibandingkan yang lain seperti deposito. 

Raymond mencontohkan, kalau kamu berinvestasi di reksa dana pasar uang (RDPU), tingkat return yang didapatkan akan lebih tinggi dibandingkan dengan menabung di bank secara individu.

Soalnya, Raymond mengatakan bahwa reksa dana pada umumnya menggunakan pooling fund (dana dikumpulkan sebanyak mungkin). Jadi, manajer investasi punya daya tawar yang lebih kuat dalam penentuan tingkat bunga dibanding dengan investor individu.
 

Return Relatif Aman

Terlebih, instrumen ini juga relatif lebih aman dari sisi return dibandingkan jenis lain karena mengkombinasikan beragam instrumen seperti saham dan obligasi.

Adapun, reksa dana juga cocok buat kamu yang masih pemula dalam dunia investasi dan enggak punya waktu serta pengetahuan banyak untuk mengelolanya menjadi sebuah investasi.

Buka Juga: Dinilai Lebih Stabil, Reksa Dana Pasar Uang Dominasi Kelolaan Fintech