KRL Memberlakukan New Normal, Berikut Tips Aman untuk Para “Anker” (Anak Kereta)

Tetap aman menggunakan KRL di kondisi pandemi (Sumber gambar : Bisnis.com)

Tetap aman menggunakan KRL di kondisi pandemi (Sumber gambar : Bisnis.com)

Like

KRL menjadi moda transportasi yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan efisiensi waktu dan biaya yang relatif murah. Maka tak dapat dipungkiri saat kita memilih KRL, kita harus siap dengan banyaknya jumlah penumpang dan penumpukan yang terjadi saat di dalam gerbong maupun di peron stasiun. 

Namun, sejak pandemi ini berlangsung hampir 4 bulan, kondisi penumpang KRL berkurang dikarenakan adanya sistem bekerja dari rumah dan jam operasional pun dibatasi. Saat ini, Pemerintah telah mencanangkan “New Normal” dan protokol kesehatan disusun sedemikian rupa supaya masyarakat lebih waspada dan tetap menjaga kesehatan. 

Siap tidak siap, kita harus beradaptasi dengan “New Normal” ini agar kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Berikut beberapa tips untuk kita para pengguna setia KRL untuk tetap sehat, nyaman dan aman dalam menjalani “New Normal” di KRL.
 

Pakai Masker

Masker adalah hal yang wajib digunakan untuk melindungi diri saat berada diluar rumah. Sekarang di setiap stasiun sudah diwajibkan menggunakan masker. Para petugas KRL akan memeriksa setiap penumpang, jika ketahuan tidak memakai masker atau masker tidak menutupi hidung dan mulut akan ditegur oleh petugas KRL. Sekarang sudah banyak yang menjual masker, mulai dari masker medis, masker kain, serta masker yang stylish motifnya. Jadi ga ada alasan lagi untuk tidak memakai masker ya.
 

Handsanitizer

Cairan ini sangat penting dan tidak boleh tertinggal saat kita berpergian. Karena ini adalah alternatif yang digunakan saat kita tidak bisa mencuci tangan dengan air dan sabun. Terutama saat di dalam KRL, pasti para penumpang KRL yang berdiri akan berpegangan dan kita tidak pernah tahu kondisi pegangan tersebut bersih atau tidak, maka sebelum dan sesudah pegangan jangan lupa untuk menggunakan handsanitizer.
 

Hindari berbicara

Penyebaran virus ini melalui droplet, maka ketika di dalam KRL hindari berbicara dengan orang lain bahkan sekedar mengangkat telepon. Hal ini dapat mengurangi tingkat penyebaran virus ini dan dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman penumpang lain. Untuk membunuh waktu kejenuhan didalam KRL banyak hal yang dapat dilakukan mulai dari membaca buku, menonton series dan mendengarkan lagu. Jadi kita bisa teralihkan dan mengurangi intensitas berbicara didalam KRL.
 

Transaksi Non-tunai

Sediakan Kartu Multi Trip (KMT) maupun kartu uang elektronik bank untuk metode pembayaran di KRL. Hal ini sangat disarankan untuk meminimalisir penggunaan uang tunai yang dapat menjadi salah satu media penyebaran virus ini. Selain itu, dengan adanya kartu ini meminimalisir antri di loket stasiun.
 

Gunakan tas yang nyaman

Menghadapi new normal ini, banyak sekali yang harus kita persiapkan untuk alat perlindungan diri. Mulai dari masker dengan minimal 2 masker, alat minum dan makan pribadi, alat ibadah, handsanitzer, tissue kering dan lain sebagainya. Kita harus menggunakan tas yang nyaman, salah satunya adalah ransel. Dengan menggunakan ransel dapat mengurangi penggunaan tas tambahan sehingga kita tetap nyaman berada di dalam KRL.

 

Jaga Jarak

Di Stasiun, penerapan jaga jarak diberlakukan dengan adanya tanda garis merah di setiap peron KRL. Jadi para penumpang yang menunggu KRL dapat berdiri di garis tersebut. Hindari berdesakan saat masuk ke dalam KRL, jika kondisi di dalam KRL sudah penuh dan terlihat sulit untuk berjaga jarak akan lebih baik untuk menunggu kereta selanjutnya demi kesehatan diri kita. Dan jangan lupa untuk tetap patuhi para petugas KRL yang mengatur kondisi Stasiun agar tetap kondusif.
 

Atur Waktu

Atur waktu sangat diperlukan dalam kondisi ini. Diharuskan menyesuaikan jam penggunaan KRL, jika hanya untuk berpergian dan berbelanja diharapkan untuk menghindari jam sibuk kereta guna untuk menghindari penumpukan dengan para penumpang yang hendak pergi bekerja. Untuk para lansia gunakan KRL saat pukul 10.00 – 14.00 WIB. Alangkah baiknya ketika tidak ada kepentingan yang mendesak hindari penggunaan transportasi umum dan lebih baik dirumah saja.
 

Manfaatkan fasilitas KRL

Menyikapi kondisi pandemi ini, hampir di setiap stasiun telah menyediakan wastafel untuk mencuci tangan. Yuk, manfaatkan fasilitas ini ketika hendak keluar dari stasiun untuk tetap menjaga kesehatan kita.