Saham Sepekan Bisnis Muda: IHSG Kembali Hijau Setelah Sempat Betah di Zona Merah, Siapa yang Berhasil Cuan?

Saham Sepekan Bisnis Muda - Illustrasi: canva

Saham Sepekan Bisnis Muda - Illustrasi: canva

Like

Di akhir penutupan bursa, Jumat (12/6), IHSG akhirnya kembali parkir di zona hijau. IHSG ditutup di level 4.880,36 dengan penguatan 0,53%. Hijaunya IHSG ini terjadi setelah beberapa hari sempat betah di zona merah lho, Be-emers.

Mengawali pekan kedua Bulan Juni 2020 ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memang menguat hingga langsung tembus ke level 5.070,56 di akhir penutupan perdagangan Senin (8/6). Bahkan, 10 sektor di dalamnya ditutup positif lho!

Setelah bikin bahagia dengan reli selama sepekan lebih, di perdagangan Rabu (10/6) IHSG harus say goodbye lagi nih dari level 5.000. Terkoreksinya IHSG di awal perdagangan hari itu, ditekan oleh tiga saham perbankan big caps, diantaranya BMRI, BBNI, dan BBRI.

Di hari yang sama, enggak cuma IHSG, pelemahan juga terjadi di pasar Asia, Eropa dan AS. Hal itu terjadi seiring adanya pernyataan The Federal Reserve terkait pemulihan perekonomian pasca Covid-19 yang diprediksi bakal lebih lama.

Baca juga: Apa Sih Saham Itu? Haram Gak Ya?


Walaupun begitu, dilansir dari Bisnis.com, data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) selama sepekan terakhir ini dikategorikan dalam zona positif. Soalnya, hijaunya penutupan bursa minggu ini, menjadikan IHSG sebagai satu-satunya indeks yang posisinya menguat dari beberapa indeks Asia Pasifik yang justru ditutup di zona merah.

Hijaunya IHSG minggu ini dipimpin oleh saham BMRI yang menguat 4,26%. Posisi ini kemudian diikuti oleh saham perbankan lainnya, yakni BBRI yang naik 2,02%.

Terus, siapa nih top gainers alias yang paling cuan selama sepekan ini?

Dari data BEI, yang dilansir Bisnis.com, emiten real estat PT Royalindo Investa Wijaya Tbk (INDO) berhasil memimpin kenaikan harga di perdagangan Jumat (12/6). Emiten yang baru melantai di bursa Januari 2020 ini melonjak 34,04% ke level 126 per saham.

Sedangkan di geng LQ45, ada PT. Bukit Asam Tbk yang  jadi paling cuan nih. Emiten dengan kode saham PTBA itu menguat 8,14%.

Jadi, kamu bakal belanja atau jual apa aja nih di perdagangan berikutnya?

Cek juga Cuan atau Boncos di Instagram @bisniscom ya!