Pengertian Branding dan Marketing, Apakah Perbedaan dan Tujuannya?

Pengertian Branding dan Marketing (Sumber: Pixabay.com)

Pengertian Branding dan Marketing (Sumber: Pixabay.com)


Dalam setiap bisnis, tentunya membutuhkan marketing untuk memasarkan suatu produk. Selain itu, perusahaan juga membutuhkan branding agar nama suatu produk dapat melekat di benak para konsumen. 

Dilansir dari Dreambox mengatakan bahwa ada macam macam manfaat dari branding diantaranya menyampaikan nilai produk,membangun kredibilitas dan persepsi,serta mempermudah proses referral. 

Branding dan marketing memang tidak bisa dipisahkan untuk memasarkan suatu usaha atau produk. Lalu, sebenarnya apa pengertian branding dan marketing serta perbedaannya? Maka dari itu, yuk simak ulasan detailnya berikut ini. 


Mengenal Apa itu Branding dan Marketing 

Branding merupakan istilah yang berasal dari kata brand dan memiliki arti merek. Dengan kata lain, branding digunakan sebagai pencitraan suatu produk agar dapat menarik dan melekat di benak para calon konsumen yang ingin membelinya. 

Lebih mudahnya, branding dapat dilihat dari suatu logo, nama, atau slogan suatu perusahaan yang dibangun. Bisa dibilang bahwa branding cenderung menggunakan frasa yang selalu menarik konsumen agar membeli produk tersebut. 

Dengan branding, maka produk akan lebih banyak mendapatkan perhatian banyak konsumen. Selain itu, perusahaan juga akan mudah untuk melakukan penjualan produk yang dipasarkan, baik itu barang atau jasa. 


Sedangkan pengertian marketing adalah suatu aktivitas pemasaran untuk membuat hubungan perusahaan dengan konsumen lebih baik. Membentuk hubungan tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti iklan, hingga menjual produk yang sesuai dengan keinginan market. 

Pengertian branding dan marketing ini jelas berbeda, karena branding lebih menekankan untuk mengenalkan suatu merek  produk. Sedangkan marketing berfokus untuk melakukan penjualan suatu produk pada sebuah bisnis untuk meningkatkan nilai penjualan produk. 

Baca juga: Cara Buat Podcast di Spotify, Yuk Bangun Branding Kamu!


Perbedaan Branding dan Marketing 

Dalam suatu bisnis yang dijalankan perusahaan, branding dan marketing tidak dapat dipisahkan. Meskipun begitu, kedua istilah tersebut sangat berbeda jika dibandingkan. Hal  tersebut bisa dilihat dari tenggang waktu pelaksanaannya. 

Untuk membangun suatu merek atau brand yang bisa dikenal masyarakat luas, maka akan membutuhkan waktu yang relatif lama dan bermanfaat bagi jangka panjang. Berdasarkan hal tersebut, sangat jelas bahwa branding merupakan wajah atau citra yang penting dari sebuah bisnis. 

Pengertian branding dan marketing bisa dikatakan berbeda, karena marketing bisa dilakukan dengan cepat. Biasanya marketing bisa dilakukan dengan berbagai cara agar produknya laku terjual dengan cepat. Jadi strategi ini dikenal sebagai taktik jangka pendek bagi sebuah bisnis yang dibangun. 


Tujuan Branding dan Marketing Bagi Suatu Bisnis 

Tujuan utama dari suatu branding yaitu untuk mengenalkan suatu brand perusahaan. Selain itu, kamu busa membangun reputasi dan citra positif agar selalu bagus di mata konsumen melalui branding. Sehingga, kepercayaan konsumen terhadap perusahaan bisa selalu dijaga. 

Tidak berhenti sampai di situ saja, branding digunakan untuk mengenalkan produk perusahaan agar mendapatkan konsumen sebanyak mungkin. Jika suatu bisnis memiliki brand yang bagus, maka perusahaan tersebut akan mudah melakukan penjualan produk. 

Sedangkan tujuan utama pemasaran yaitu mencapai angka penjualan tertentu agar mendapatkan profit sebanyak banyaknya. Biasanya, untuk mencapai suatu target dibutuhkan beberapa strategi yang dirancang oleh tim. 

Selain itu marketing juga digunakan untuk menciptakan suatu produk sesuai kebutuhan pasar. Sehingga ketika melakukan inovasi terhadap suatu produk, maka dapat sesuai dengan kebutuhan konsumen dan tetap menghasilkan penjualan yang ditargetkan sebelumnya.   

Setelah kamu mengetahui pengertian branding dan marketing, maka dapat disimpulkan jika keduanya memiliki peranan penting bagi kelangsungan suatu bisnis, baik dalam jangka waktu pendek hingga panjangnya. 

Meskipun branding dan marketing kaitannya sangat erat, namun keduanya memiliki tugasnya masing masing. Untuk membuat suatu produk dapat dikenal masyarakat luas branding sangat diperlukan bagi kesuksesan bisnis. Sedangkan marketing akan mendukung penjualan suatu produk. 

Baca juga: Naikin Branding dan Beli Followers, Emang Efektif?