Di Antara Jenis Masker Medis yang Beredar di Masyarakat, Mana yang Terbaik?

Ilustrasi masker kain (Sumber gambar: Vera Davidova on Unsplash)

Ilustrasi masker kain (Sumber gambar: Vera Davidova on Unsplash)


Penggunaan masker menjadi hal yang mulai diperhatikan dengan adanya wabah Covid-19. Meskipun anjuran menggunakan masker sudah dicabut, banyak yang masih menggunakan masker sebagai tindakan pencegahan virus dan penyakit.

Masker digunakan untuk mencegah penularan dari virus, bakteri, ataupun partikel debu. Masker mempunyai beragam jenis yang berbeda-beda dan keefektifan yang berbeda-beda.

Dengan penggunaan masker yang cocok dan tepat, maka masker dapat bekerja secara efektif. Berikut adalah 5 contoh masker yang beredar di masyarakat beserta kelebihannya.


Jenis Masker yang Beredar di Masyarakat


1. Masker Medis 3ply


Masker ini menjadi salah satu masker yang paling mudah ditemukan. Masker ini memiliki desain 3 lapis untuk melindungi 95 persen debu, bakteri, virus, dan pertikel udara lainnya.

Kelebihan dari masker medis 3ply ini seperti adalah memiliki harga yang relatif terjangkau, penggunaannya yang nyaman dan tidak membuat sesak nafas.



2. Masker N95


Masker ini memberikan perlindungan lebih baik daripada berbagai jenis masker lainnya karena masker ini dapat menutupi wajah dengan rapat. Masker ini memiliki kemampuan respirator yang dirancang untuk menyaring di atas 90 persen dari debu partikel halus 0,3 mikron.  

Keunggulan dari masker N95 yaitu lapisan masker yang lebih tebal daripada masker medis biasa, memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyaring virus dan dapat menutupi wajah dengan sangat baik.


3. Masker Kain


Dari kemampuan menyaring partikel, masker kain dapat menyaring lebih dari 80 persen untuk partikel kurang dari 300 nm dan lebih dari 90 persen untuk partikel lebih dari 300 nm. 

Kelebihan masker kain diantaranya seperti sangat mudah ditemukan, masker jenis ini juga dapat dipakai berkali-kali karena terbuat dari bahan kain yang tentunya dapat dicuci, masker kain juga memiliki desain yang lebih beragam daripada masker medis, harga untuk masker kain juga lumayan terjangkau.


4. Masker Kertas


Masker ini sejatinya tidak dirancang untuk menyaring virus ataupun bakteri, melainkan untuk menyaring serbuk kayu ataupun serbuk sari yang memiliki partikel lebih besar.

Dengan bahan yang terbuat dari kertas, tentunya masker ini hanya bisa digunakan sekali saja. Adapun kelebihan dari masker kertas ini, yaitu mudah untuk ditemukan dan masker ini tidak meninggalkan bekas setelah digunakan.


5. Masker Scuba


Masker yang sempat menjadi trend ini sudah dilarang penggunaannya oleh para ahli. Masker scuba dikatakan kurang efektif untuk menangkal virus karena mudah meregang dan hanya terdiri dari satu lapisan saja, maka kemungkinan untuk berbagai virus serta bakteri masuk pun lebih besar. 

Perlu diingat bahwa penggunaan masker saja belum cukup untuk melindungi diri dari virus dan berbagai bakteri. Terutama dimasa pandemi seperti yang telah lalu, lengkapi dengan tetap melakukan physical distancing, mencuci tangan dan ikuti protokol kesehatan yang ada.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.