Ini 9 Cara untuk Menopang Komunitas Bisnis Kamu

Support - Canva

Support - Canva

Like

2020 mungkin jadi tahun yang cukup berat buat para pelaku usaha. Bahkan, banyak juga yang terpaksa harus menutup bisnis mereka karena terdampak pandemi.

Perlu kita sadari juga sih, setiap krisis tentunya bakal berpotensi melemahkan ekonomi lokal.

Enggak cuma itu, setiap krisis yang melanda juga menimbulkan kesulitan secara finansial dan sosial yang cukup serius, tak terkecuali bagi komunitas yang bergerak di bidang usaha.

Nah, apa yang bisa kita lakukan?

Sesama pelaku bisnis, enggak ada salahnya kok untuk saling membantu. Kalau kamu ingat, beberapa waktu lalu, bahkan Burger King mencoba mendorong konsumennya untuk turut membeli produk dari saingan usahanya lho.


Dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah cara nih yang bisa kamu lakukan untuk menopang komunitas bisnis dan ekonomi lokal di lingkungan kamu.

Baca Juga:  Ini Siasat Kembangkan Bisnis Rumahan di Tengah Pandemi


Dekorasi tempat kerja.
Apakah kantor kamu perlu dirapikan dengan cepat? Carilah pilihan dekorasi yang terjangkau dan bergaya dari bisnis lokal. Carilah tanaman baru dari pembibitan dan pusat berkebun lokal. Beli karya seni untuk kantor kamu dari seniman, pengrajin, dan bisnis kerajinan lokal.

kamu juga dapat berbelanja di toko perangkat keras lokal untuk perbaikan cat, kabinet penyimpanan, dan perlengkapan pencahayaan daripada mengunjungi toko rantai perbaikan rumah ternama.


Pesan makanan untuk Tim Kamu.
Salah satu segmen komunitas bisnis yang paling terpukul adalah sektor jasa makanan dan minuman. Restoran lokal kamu mungkin terpaksa ditutup sama sekali, atau hanya melayani take out.

Coba deh, sesekali manjakan staf atau rekan bisnis kamu untuk makan siang dari restoran lokal menggunakan pengiriman ke kantor atau tempat tinggal mereka yang bekerja dari jarak jauh.


Berlangganan Koran Lokal.
Industri berita dan media telah mengalami serangkaian pukulan bahkan sebelum krisis melkamu. Kamu bisa dukung jurnalisme lokal dan outlet berita lokal kamu dengan membeli langganan digital ke koran lokal untuk karyawan.


Rekrut pekerja secara lokal.
Di samping karyawan yang kamu pekerjakan, mungkin kamu akan perlu mencari tenaga tambahan, keahlian atau keterampilan khusus untuk proyek tertentu, area lokal kamu mungkin punya  apa yang kamu butuhkan.

Perlu kamu sadari, banyak orang kehilangan pekerjaan awal musim semi ini dan sekarang beralih ke pekerja lepas dan wirausaha untuk bertahan hidup.

Lakukan outsourcing sebanyak untuk pekerja freelancer bila memungkinkan. Saat kamu melindungi bisnis baru mereka, kamu juga memberikan lebih banyak uang ke dalam sirkulasi di komunitas lokal kamu.


Bangun jaringan lokal
Dengan anggaran pemasaran yang sangat tipis atau bahkan dihentikan sama sekali, banyak bisnis lokal di area kamu dipaksa untuk menjadi kreatif dalam mencari prospek dan pelanggan baru. Kabar dari mulut ke mulut, yang selalu merupakan bentuk pemasaran organik ampuh, dapat membantu menjaga bisnis yang sedang berjuang tetap hidup.

Kamu dapat membantu proses ini dan mendapatkan keuntungan untuk bisnis kamu sendiri dengan bergabung dengan situs jaringan berbasis komunitas lokal.

Aktiflah dalam grup atau situs tersebut dengan berpartisipasi dalam diskusi, menjawab pertanyaan, dan merekomendasikan bisnis yang kamu kenal kepada orang-orang yang mencari layanan atau barang tertentu.


Pekerjakan Guru sebagai Tutor
Saat krisis berlanjut, banyak distrik sekolah memilih untuk enggak melakukan pembelajaran tatap muka. Beberapa guru juga terpaksa mengundurkan diri dari jabatannya karena masalah keluarga dan kesehatan.

Selain itu, pertimbangkan untuk menyewa satu atau beberapa pendidik profesional ini untuk membantu perusahaan kamu membuat bimbingan belajar atau ruang sekolah untuk anak-anak karyawan kamu.


Belikan Hadiah
Musim liburan adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi toko-toko lokal untuk mendapatkan hadiah yang unik dan bermakna bagi semua orang.

Meskipun toko favorit kamu tutup untuk penjualan offline, hubungi dan tanyakan tentang pembelian kartu hadiah atau voucher untuk hadiah liburan.

Berikan kepada karyawan dan orang lain, dan dorong mereka untuk berbelanja pada saat yang aman untuk melakukannya.

Baca Juga: Intip Strategi Terbaik Jualan Buku di Masa Pandemi


Dukung Inisiatif Amal Lokal
Ketika ekonomi sedang berjuang untuk mendapatkan kembali pijakannya, sumbangan amal juga terpukul. Itu berarti yayasan lokal dan kelompok layanan masyarakat kamu mungkin berjuang untuk memenuhi misi mereka.

Kamu bisa donasikan sebanyak yang dapat dikelola bisnis kamu, terutama untuk grup yang menawarkan layanan penting bagi orang yang kehilangan pekerjaan atau perumahan.


Tinggalkan Ulasan positif
Terakhir, jangan lupa juga untuk memberikan ulasan yang bagus terhadap produk usaha lain. Sebagian besar konsumen ingin melihat ulasan independen untuk bisnis kecil dan menengah yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Soalnya, banyak situs web bisnis akan dengan senang hati menerima dan menampilkan testimonial secara langsung. Selain itu, coba deh berikan pujian sespesifik mungkin terhadap bisnis lokal yang kamu dukung, dan dorong orang lain untuk melak