Begini Cara Bisnis Ritel Kecil Manfaatkan Teknologi Secara Maksimal

Retail - Canva

Retail - Canva

Like

Disadari atau enggak, tahun 2020 ini mendorong banyak pelaku usaha untuk beralih ke digital. Apalagi, pandemi yang berkepanjangan membuat banyak orang cenderung lebih mengandalkan transaksi jarak jauh.

Alhasil, kamu pun perlu banget nih sadar akan pentingnya pemanfaatan teknologi untuk kelangsungan bisnis kamu ke depannya.

Di satu sisi, menjalani bisnis secara digital tentunya jadi tantangan tersendiri nih. Perlu sejumlah strategi agar teknologi tersebut bisa digunakan secara maksimal.

Dikutip dari Bisnis, ini sejumlah strategi yang bisa kamu terapkan untuk bisnis ritel agar bisa bertahan dan berkembang.

Baca Juga: Peluang Bisnis Ritel yang Timeless? Start Up Alert!  
 

Geofencing Iklan Digital

Salah satu cara terbaik dan paling efektif bagi peritel untuk menjangkau konsumen lokal adalah dengan merancang kampanye iklan digital yang menargetkan konsumen berdasarkan lokasi geografis.


Dengan menggunakan pembatasan wilayah, peritel bisa membatasi iklan mereka untuk audiens di area tertentu. Hal ini bisa sangat berguna untuk meningkatkan traffic pengunjung di toko dan mendorong pembelian impulsif lho, Be-emers.
 

Personalisasi Pemasaran Berdasarkan Data

Jangan anggap remeh sebuha data ya, Be-emers! Soalnya, Data bisa memungkinkan penjual untuk mempersonalisasi pesan pemasaran yang dapat membantu membangun hubungan dengan pelanggan.

Kalau menurut CEO Adeptia dan veteran penjualan dan pemasaran Lou Ennuso, menggunakan data untuk memahami dan melayani pelanggan dengan lebih baik adalah hal penting untuk pertumbuhan ritel modern.
 

Iklan yang Terprogram Secara Lokal

Terakhir, sebagai peritel, kamu bisa menggunakan iklan terprogram berbasis AI (artificial intelegence) untuk menargetkan demografi bernilai tinggi.

Bukan tanpa sebab, hal ini memungkinkan peritel kecil untuk menggunakan dana iklan mereka yang terbatas untuk efek yang luar biasa tanpa mengatur kampanye mereka secara mikro.

Adapun, meski kini sudah ada platform e-commerce yang bisa kamu manfaatkan, namun kamu masih punya konsumen prospektif yang bisa kamu jangkau dengan strategi ini.

Baca Juga: Dua Perusahaan Ritel Ini Kena Gugatan PKPU Nih!