Perkembangan RS Holding BUMN, Begini Strategi Erick Thohir

Hospital - Canva

Hospital - Canva

Like

Kementerian BUMN memang lagi gencar banget nih memperbaiki perusahaan-perusahaan pelat merah yang bernaung di bawahnya. Mulai dari merger, hingga pembentukan holding pun dilakukan pihak Kementerian BUMN.

Salah satu yang menarik, yaitu pembentukan holding rumah sakit BUMN nih, Be-emers. Terkait rencana tersebut, diketahui, holding rumah sakit milik BUMN itu sudah masuk kefase ketiga lho.

Hal itu pun masih menyusul perjanjian dari kerja sama operasional pihak PT Pertamina Bina Media IHC dengan sejumlah Rumah Sakit BUMN lainnya.

Diketahui dari laman Bisnis, selaku holding rumah sakit BUMN, pihak Pertamina Bina Media IHC melakukan penandatanganan kerja sama operasional dengan 34 RS BUMN yang dikelola oleh 18 perusahaan RS BUMN.

Baca Juga: Bakal Ada 3 Aksi Korporasi BUMN Besar Nih, Berikut Rinciannya
 

Strategi Erick Thohir

Sementara itu, menteri BUMN Erick Thohir  pun sebelumnya menyampaikan bahwa ada empat strategi yang bakal ditempuh buat merealisasikan pembentukan Holding RS BUMN ini, Be-emers.


Strategi tersebut antara lain:
  • Penyediaan layanan kesehatan berkualitas
  • Peningkatan jaringan dan skala
  • Pengembangan kapabilitas dan inovasi
  • Integrasi dan kolaborasi ekosistem kesehatan nasional

Sekedar catatan, model kerjasama manajemen operasional meliputi 5 ruang lingkup utama meliputi Operasional,  Tenaga SDM Perbantuan, Pemasaran, Pengembangan Keilmuan dan Sistem Informasi & Teknologi.

Adapun, fase perdama dilaksanakan pada akhir Maret 2020 yang ditandai dengan akuisisi PT Rumah Sakit Pelni oleh PT Pertamedika IHC.

Kemudian, proses tersebut lanjut ke fase kedua dengan penandatanganan kerja sama 7 perusahaan RS BUMN ke dalam bagian Pertamedika IHC.

Baca Juga: 4 BUMN Energi Ini Bakal Punya Porsi Saham yang Sama, Apa Saja Fungsi Indonesia Battery Holding?