Apa Saja Tantangan Indonesia Menuju Frekuensi 5G?

5G - Canva

5G - Canva

Sebentar lagi, Indonesia akan punya jaringan 5G nih, Be-emers. Wuih, asyik dong!

Adapun, menurut informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), realisasi jaringan 5G di Indonesia bakal dimulai pada tahun 2021 mendatang.

Transformasi dari jaringan 4G ke 5G pun masih berlangsung. Di sisi lain, masih ada sejumlah tantangan nih buat menuju jaringan 5G.

Baca Juga: Jaringan 5G Huawei Dilarang di Inggris, Ada Apa?
 

Persiapan Regulasi & Investasi

Enggak hanya permintaan pasar, salah satu tantangan utama dari lahirnya jaringan 5G di Indonesia yakni regulasi dan investasi yang membutuhkan persiapan matang.

Menurut CEO Forest Interactive Johary Mustapha, dikutip dari Bisnis, untuk menghadirkan 5G operator seluler dibutuhkan spektrum yang cukup. Selain itu, perlu dipastikan juga bahwa spektrum tersebut tidak mengganggu spektrum lainnya.
 

Permasalahan Perangkat

Di sisi lain, permasalahan harga perangkat juga akan menjadi tantangan dalam gelar 5G. Sejumlah device 5G yang beredar saat ini masih sebagian besar merupakan kelas premium.

Sedangkan dari sisi kecepatan, jaringan 5G bakal menyedot layanan data dengan sangat cepat, yang membuat pelanggan makin boros terhadap layanan data.
 

Mengikuti Ekosistem Dunia

Sementara itu, untuk menghadirkan 5G, Indonesia harus mengikuti ekosistem dunia di 3,5 GHz dan 2,6 GHz. Hal itu dilakukan agar investasi yang dikeluarkan untuk menghadirkan perangkat menjadi lebih murah.

Soalnya, kalau enggak sesuai sama ekosistem tersebut, Johary mengatakan, akan ada sejumlah masalah yang akan dihadapi, antara lain:
  • Kesulitan interoperabilitas ketika kita menggunakan ponsel ke negara lain atau turis berkunjung ke Indonesia.
  • Kesesuaian frekuensi juga kita bicara harga perangkat.

Adapun, meski punya sejumlah tantangan, pertumbuhan jaringan 5G di dunia diprediksi bakal berlangsung sangat cepat dalam kurun waktu 5 tahun ke depan lho! Are you ready, Be-emers?

Baca Juga: Siap Belajar dari Rumah (PJJ), Siapkan Juga Jaringan Internet Terbaikmu!