Yuk Kenali Arti Repeat order dan Tips Meningkatkannya pada Bisnismu

Arti repeat order (Sumber: Pixabay.com)

Arti repeat order (Sumber: Pixabay.com)

Like

Salah satu hal yang paling membahagiakan bagi seorang entrepreneur ialah tatkala ada konsumen yang loyal. Dimana konsumen tersebut akan selalu kembali guna membeli produk yang dijajakan. Terkadang untuk bisa mencapai posisi ini dibutuhkan usaha yang sangat keras.

Menurut Bisnisukm.com menyatakan bahwa tips supaya pelanggan melakukan repeat order adalah mengedepankan desain visual yang menarik. Ada manfaat yang ditimbulkan ketika menggunakan metode repeat order dalam sebuah usaha yaitu seperti meningkatkan pelanggan. Repeat order dapat memberikan keuntungan dalam menciptakan pembelian baru atau mencari pelanggan baru,dan juga menghemat biaya operasional.

Meskipun terkesan menyulitkan, namun bila kamu berusaha lebih keras lagi tidak ada yang mustahil guna mendapatkan kepercayaan konsumen. Apalagi bila kamu menerapkan strategi repeat order dalam bisnis yang sedang digarap. Penasaran dengan arti repeat order? Berikut penjelasannya.


Pengertian Repeat Order

Secara sederhana, repeat order merupakan perilaku seorang pelanggan atau konsumen guna membeli kembali atau menjalankan transaksi atas suatu produk tertentu yang sama pada toko yang sama pula. Lazimnya, perilaku ini terjadi karena konsumen menyukai dengan produk yang dijajakan.

Perilaku yang dilakukan oleh konsumen ini, tentunya sangat disukai bahkan diidam idamkan oleh sebagian besar penjual. Pasalnya, penjual tidak akan mengeluarkan biaya lebih guna mempromosikan produk yang dijual. Alhasil, produk tersebut bisa dikenal oleh banyak orang dalam sekejap mata. Inilah yang dimaksud dengan branding.

Meskipun begitu, kamu tetap harus melakukan promosi guna menaikkan trafik penjualan dan menambah konsumen ke toko yang sedang digarap. Karena seiring berjalannya waktu, tokomu tentunya akan semakin berkembang dan menghasilkan pundi pundi rupiah dalam jumlah yang banyak.


Baca juga: Naikin Branding dan Beli Followers, Emang Efektif? 


Tips Meningkatkan Repeat Order


Usai mengetahui arti repeat order diatas, alangkah baiknya kamu memperhatikan beberapa tips guna meningkatkan trafik pada bisnis yang sedang dijalankan. Tips pertama yang bisa dilakukan yakni memberikan service atau pelayanan terbaik untuk konsumen kala pertama kali lakukan order.

Pastikan bahwa kamu membuat konsumen baru merasa nyaman tatkala membeli produk yang kamu jajakan.  Pasalnya, kesan pertama atau first impression merupakan hal yang penting agar konsumen bisa datang kembali untuk melakukan transaksi di toko online yang sedang kamu jalankan.

Jawab semua pertanyaan yang diajukan oleh konsumen dengan menggunakan kata kata yang ramah dan hangat. Bila mereka telah nyaman dan senang, maka besar kemungkinan suatu hari mereka pastinya akan kembali lagi. Untuk itu, hendaknya anda memahami lebih mendalam arti repeat order.

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan penawaran menarik. Hal ini akan sangat menguntungkan, bila kamu termasuk orang yang tidak bisa membuat orang nyaman untuk pertama kalinya. Hebatnya lagi, cara satu ini terbilang ampuh menarik perhatian konsumen.

Sebenarnya ada banyak sekali penawaran yang bisa kamu berikan kepada konsumen baru ataupun lama. Misalnya saja dengan memberikan diskon kepada pelanggan setia, menerapkan metode buy 1 get 1, atau sesekali menerapkan metode free ongkir kemana saja.

Baca juga: Apa Itu Pre Order? Berikut Penjelasannya dalam Dunia Bisnis


Agar repeat order bisa maksimal lagi, kamu harus membuat media atau perantara untuk berkomunikasi. Media komunikasi sangat diperlukan guna membina hubungan antara penjual dan pembeli. Bahkan cara satu ini juga bisa membuat pembeli kembali melakukan transaksi di tokomu.

Tatkala produk telah dipesan oleh konsumen, maka kamu harus mengirim barang sesuai dengan durasi yang ditentukan. Jangan sampai barang yang dikirimkan tersebut alami keterlambatan. Karena hal ini bisa membuat konsumen merasa kecewa dan enggan kembali lagi.

Kamu juga bisa memberikan kemasan atau packaging yang menarik agar konsumen merasa bahagia. Arti repeat order yang dilakukan secara asal asalan akan membuat pelanggan tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Maka dari itu, cobalah untuk tidak mengemas barang sebaik mungkin.

Membuka suatu bisnis online memang terkadang terkesan sangat menyulitkan, apalagi jika kamu tidak memiliki skill khusus. Namun pada kenyataannya, hal ini sangat berbanding terbalik. Dimana seorang yang tidak memiliki kemampuan sekalipun bisa berhasil dengan melakukan beberapa usaha keras. 

Baca juga: 10 Langkah-langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha