Ingin Berbisnis ? Yuk Intip Cara Menjadi Dropship di Shopee Bagi Pemula

Cara menjadi dropship di shopee (Sumber: Pixabay.com)

Cara menjadi dropship di shopee (Sumber: Pixabay.com)

Like

Bisnis online saat ini sedang gencar gencarnya dilakukan oleh masyarakat, sehingga membuat banyak marketplace bertebaran. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Shopee, yang memiliki bentuk pembayaran apik dengan mudah nyaman bagi pembeli dan penjual.

Dilansir dari Jakmall mengatakan bahwa Dropship adalah metode penjualan online dimana penjual (dropshipper) tidak perlu melakukan stok barang yang dijual. Apabila ada pesanan, dropshipper akan meneruskannya kepada supplier dan mereka yang akan mengirimkannya atas nama si dropshipper

Hal keuntungan yang diperoleh dari Dropship adalah dapat dilakukan secara praktis sperti bisnis lebih mudah untuk mulai, Bisa berkembang dengan cepat, gampang dikelola kapan dan dimana saja.

Adanya marketplace raksasa yang melebarkan sayapnya di Indonesia tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis di sana. Jika modal minim, kamu bisa menjadi dropshipper. Lantas bagaimana cara menjadi dropship di Shopee ? Simak ulasannya berikut.


1. Buat Akun


Langkah pertama yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi dropship di Shopee yaitu, kamu harus memiliki akun pada platform tersebut. Unduh aplikasi Shopee terlebih dahulu di Android atau IOS, lalu buat akun langsung dari situs resmi shopee.


Dalam membuat akun, sebaiknya buat nama toko kamu dengan sederhana, singkat, dan mudah untuk diingat. Dengan begitu pelanggan akan lebih mudah untuk mengingatnya ketika ingin membeli produk. Jangan lupa juga untuk membuat nama yang unik, sehingga bisa menarik calon pembeli.


2. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir


Kamu harus mengaktifkan fitur gratis ongkir untuk membuat calon pembeli tergiur dan tertarik untuk berbelanja di tempat kamu. Bisa dibilang fitur gratis ongkir tersebut sangat baik, bagi kamu yang memang ingin bergelut di sistem dagang secara dropship tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur gratis ongkir cukup mudah. Klik ikon gratis ongkir pada bagian beranda, kemudian pilih semua gratis ongkir dan klik bagian daftar sekarang pada halaman bawah. Isi nomor KTP, dan unggah foto diri anda beserta e-KTP. Maka proses pengaktifan selesai dilakukan.

Baca juga:  Rintis Bisnis Sejak Dini, Ini Dia Jenis Jenis Bisnis Online yang Praktis!


3. Informasi Data Bank dan Pengisian Alamat


Cara menjadi dropship di Shopee selanjutnya yaitu kamu harus mengisi informasi data akun bank, agar proses pencairan dana nantinya bisa berhasil. Selain itu ketika kamu menggunakan sistem dropship, pastikan alamat toko telah kamu isi dengan alamat supplier.


4. Unggah Foto


Layaknya toko offline, dimana kamu bisa melihat lihat barang yang kamu beli melalui etalase. Maka pada toko online, kamu juga harus menampilkan produk yang kamu jual. Bedanya, di toko online kamu menampilkan produk dengan wujud foto atau video.

Ini merupakan langkah yang sangat penting, sebab calon konsumen akan tertarik membeli produk melalui unggahan foto tersebut. Pastikan kamu mengunggah foto yang jelas, dan jangan lupa sematkan deskripsi produk yang ingin kamu tawarkan pada pembeli.

Sebagai dropshipper, foto serta deskripsi dari suatu produk bisa kamu dapatkan langsung melalui supplier. Jadi kamu hanya tinggal mengunggahnya sesuai dengan format yang diberikan oleh supplier. Ini merupakan langkah terakhir dalam cara menjadi dropship di Shopee.


5. Masalah pada Resi 


Biasanya dalam fitur gratis ongkir di Shopee, kamu akan menemukan resi otomatis. Meski fitur otomatis tersebut bisa membantu penjual, namun tentu hal ini bisa membingungkan untuk para dropshipper. Jadi kamu memang wajib untuk bekerja sama dengan supplier Shopee.

Selain itu Shopee tidak bisa menginput resi dua kali, jadi apabila kamu ingin melakukan pengiriman melalui e commerce lain seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya. Kamu bisa menggunakan fungsi dropshipper, lalu input resi yang diberikan pada penjual dari marketplace lain.

Jadi intinya kamu harus menghubungi supplier untuk melakukan kerja sama, sehingga proses pengisian resi juga bisa dilakukan dengan mudah. Itulah cara menjadi dropship di Shopee, sangat mudah dan bisa menguntungkan banyak pihak bukan ?

Apabila kamu memang berniat menjadi seorang dropshipper, cari supplier dengan satu tema produk dan lakukan survei pasar terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya kamu akan mengetahui apa yang tengah tren di masyarakat, serta siapa target pasar yang ingin kamu bidik.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Ini Tipsnya!