Jangan Cuma Ikut-Ikutan, Begini Tips Aman Join Bisnis MLM

Entrepreneur - Canva

Entrepreneur - Canva

Like

Sering dengar istilah MLM?

MLM alias Multi Level Marketing memang sering menarik perhatian nih. Namun, kamu tahu enggak sih MLM itu apa sebenarnya?

Kalau menurut Dominique Xardel, dalam bukunya The Direct Selling Revolution. Understanding the Growth of the Amway Corporation, MLM didefinisikan sebagai sebuah strategi pemasaran, yang mana penjual enggak cuma dapat kompensasi dari penjualan mereka sendiri. Para penjual juga mendapatkan hasil penjualan dari sales lain yang mereka rekrut nih, Be-emers.

Walau kadang ada pro-kontra terhadap sistem bisnis ini, namun enggak ada salahnya juga sih untuk kamu coba. Soalnya, jenis MLM ini juga beragam, dari bisnis alat rumah tangga, hingga produk kesehatan.

Meski begitu, kamu juga jangan sembarangan untuk ikut-ikutan bisnis MLM ya! Dikutip dari laman Bisnis, berikut tips aman buat kamu yang tertarik ikutan MLM.


Baca Juga: Apa Perbedaan Marketing dan Sales? Yuk, Simak di Sini!
 

Pelajari Realitas MLM

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah pelajari realitas MLM. Dengan kata lain, kamu perlu mempelajari industri penjualannya secara keseluruhan dan meneliti perusahaannya.

Setelah itu, kamu bisa tentukan, apakah diri kamu cocok atau enggak nih sama sponsor kamu untuk jadi MLM.
 

Temukan Perusahaan yang Produknya Kamu Suka

Penting juga untuk kamu pikirkan produk apa yang kira-kira kamu suka. Dengan begitu, kamu juga bisa menemukan perusahaan yang memproduksi produk tersebut.

Bayangin deh, kamu pasti akan merasa lebih sulit menjual produk yang enggak “kamu banget” kan?

Untuk itu, kamu bisa lakukan riset MLM terlebih dahulu dan mulai lah bermitra sama perusahaan yang produknya kamu sukai. Dengan begitu, kamu pasti lebih semangat untuk mempromosikan dan menjualnya.

Lihat juga rencana kompensasi perusahaan sebelum kamu memutuskan untuk bergabung. Pastikan hal itu menguntungkan kamu ya!
 

Jujur dan Etis

Menjalani bisnis MLM tentunya juga harus menjaga citra yang baik dan mendapat kepercayaan yang tinggi dari konsumen. Makanya, kamu pun perlu punya sikap jujur dan etis nih, Be-emers.

Soalnya, di balik citra “buruk” yang menimpa bisnis MLM, ada banyak kejadian seperti sales yang menggunakan hype dan terkadang penipuan untuk memikat anggota baru. Hal ini jelas jangan kamu ikuti ya.
 

Jangan Ganggu Teman dan Keluarga

Meski kamu harus mendapatkan pelanggan, bahkan merekrut sales baru, kamu jangan sampai berlebihan nih, Apalagi, jangan sampai terkesan memaksa dan akhirnya mengganggu hubungan dengan keluarga atau teman-teman kamu.

Sebaiknya sih, coba deh bikin target pasar kamu sendiri. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih efisien dan punya kesuksesan sesuai target yang ditentukan, serta jauh lebih fokus sama upaya pemasaran yang baik.

Baca Juga: Yuk Simak Prinsip Pemasaran Green Marketing yang Wajib Anda Tahu