Reksa Dana Mana yang Paling Unggul di 2020?

Excited - Canva

Excited - Canva

Like

Seperti yang kita tahu, berbagai sentimen seperti pandemi Covid-19 hingga resesi, turut menekan performa sejumlah instrumen investasi. Tak terkecuali, instrumen reksa dana.

Sepanjang 2020, reksa dana mengalami pergerakan yang cukup naik turun. Namun, masih ada enggak sih reksa dana yang cuan di sepanjang 2020?

Tenang, di antara produk reksa dana lainnya, reksa dana pendapatan tetap ternyata jadi reksa dana yang paling cuan lho di tahun ini.

Baca Juga: Seperti Apa Persiapan Manajer Investasi untuk Prospek Reksa Dana di 2021?

Seperti yang dilansir dari laman Bisnis, dari data Infovesta Utama, kinerja reksa dana pendapatan tetap hingga pekan ketiga Desember 2020, unggul 9,13 persen sejak awal tahun (year to date).


Enggak cuma itu. reksa dana pendapatan tetap jadi satu-satunya indeks reksa dana yang outperform dari indeks acuan.

Menurut Direktur Pinnacle Investment Guntur Putra, kinerja reksa dana pendapatan tetap sangat tergantung dari strategi masing-masing produk reksa dana itu sendiri. Soalnya, hal itu terdiri atas dua jenis aset dasar yakni obligasi negara dan obligasi korporasi.

Nah, buat reksa dana pendapatan tetap yang berbasis obligasi negara, Guntur menilai, investasi biasanya menggunakan strategi active duration play. Enggak cuma itu, ia pun menilai, hal tersebut bakal masih positif secara year to date hingga akhir tahun lho!

Lalu, gimana dengan reksa dana lainnya?

Sementara itu, indeks reksa dana campuran yang tercermin lewat Infovesta Balanced Fund Index, terpantau naik 1,21 persen. Namun, hal itu enggak lebih baik dari indeks acuannya, yang justru naik 3,43 persen.

Di sisi lain, indeks reksa dana saham, yang tercermin dari Infovesta Equity Fund Index, malah jadi satu-satunya reksa dana yang terkoreksi hingga 7,77 persen.

Bahkan, posisi tersebut jauh banget di bawah kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang hanya turun 3,10 persen.

Baca Juga: Ini Alasan Investasi Reksa Dana Cocok untuk Kamu yang Punya Budget Pas-Pasan