Dari Solopreneur Jadi Pengusaha Besar, Begini Caranya

ilustrasi dalam strategi bisnis melalui berbagai media informasi (Sumber gambar : Storyblocks)

ilustrasi dalam strategi bisnis melalui berbagai media informasi (Sumber gambar : Storyblocks)

Saat ini banyak pengusaha muda bermunculan di Indonesia. Terlebih saat ini cukup sulit untuk mencari pekerjaan di suatu perusahaan.

Kebanyakan pengusaha muda saat ini muncul sebagai solopreneur alias memulai bisnis baru sendiri tanpa memiliki anggota untuk membantu mengelola bisnisnya.

Jika kalian memulai bisnis sendiri, berarti kalian memegang kendali penuh terhadap bisnis yang kalian jalani. Serta, hanya kalian yang memegang saham perusahaan tersebut 100% ang berarti kalian tidak perlu membagi keuntungan kepada mitra atau anggota kalian.

Namun, menjadi solopreneur selamanya bukanlah hal yang bagus juga lho Be-emers. Pasti semua pengusaha ingin usaha yang dimilikinya tumbuh dengan besar. Maka dari itu, kalian juga harus melibatkan orang lain dalam perusahaan kalian agar tumbuh menjadi besar.

Dikutip dari Entrepreneur, ada lima pilar utama untuk ekspansi dari solopreneur menjadi perusahaan besar, diantaranya :

Buat produk untuk layanan popular
buat produk atau layanan yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Kerahkan seluruh energi kalian untuk menciptakan atau menawarkan sesuatu yang orang ingin beli dalam jumlah yang sangat banyak.

Lakukan perekrutan atau outsourcing
Umumnya para solopreneur memiliki anggaran yang ketat serta melakukan semua tugas sendirian. Sehingga, mereka enggan membayar karyawan untuk membantunya.

Namun, jika bisnis kalian mulai berkembang tidak ada salahnya kalian mempekerjakan orang lain untuk bekerja pada usaha yang kalian miliki. Seperti, freelancer atau karyawan, yang secara bertahap bisa dikerjakan lebih banyak orang untuk menghasilkan banyak produksi, sehingga akan mendapatkan keuntungan yang besar pula.

Berinvestasi dalam manajemen hubungan pelanggan
Membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan kalian adalah cara kalian mendapatkan bisnis yang berulang. Sistem manajemen hubungan pelanggan merupakan aset yang sangat berharga untuk dibawa ke dalam perusahaan Anda.

Investasi pada teknik pemasaran yang cepat dan mudah
Teknik pemasaran dalam iklan merupakan hal yang cukup ampuh untuk bisnis kalian. Lakukan investasi dalam teknik pemasaran yang cepat dan mudah, seperti pay-per-click (PPC) campaign.

Jangan jual bisnis kalian
Jika kalian memiliki bisnis yang layak dibeli, maka jangan tergoda untuk menjual bisnis tersebut. Jika bisnis yang kalian miliki ingin dibeli orang lain, berarti bisnis yang kalian jalani mempunyai peluang besar untuk maju dikemudian hari.

Intinya, jalani bisnis kalian hingga menjadi besar. Sebaliknya, jangan hanya menjual karena kalian mencapai sedikit kesuksesan.

Baca Juga: Bukan Sekedar Entrepreneur, Apa itu Solopreneur?