Dapat Bonus Akhir Tahun? Berapa Dana Ideal yang Harus Dikeluarkan?

Finance - Canva

Finance - Canva

Like

Siapa yang dapat bonus akhir tahun hayoooo?

Buat kamu yang kebagian rezeki berupa bonus akhir tahun, ciyee.. selamat yaa. Hmm.. kira-kira duitnya mau kamu pakai untuk apa nih, Be-emers?

Biasanya sih, ketika bonus akhir tahun sudah diterima, sejumlah orang sibuk memikirkan rencana yang akan dilakukan dengan dana tersebut. Belanja pun jadi godaan paling umum buat menghabiskan bonus akhir tahun nih.

Namun, biar bonus akhir tahun kamu enggak habis gitu aja, sebaiknya kamu merencanakan dengan matang nih pengeluaran yang akan dilakukan. Dilansir dari Bisnis, ada sejumlah pengeluaran yang perlu kamu prioritaskan nih saat menggunakan bonus akhir tahun.

Misalnya, untuk membayar utang, sebagai dana tabungan atau dana darurat, dan sebagian untuk investasi.


Lalu, berapa idealnya dana yang harus kamu keluarkan?

Baca Juga: Hadapi Libur Akhir Tahun, Berikut Prioritas Keuangan yang Harus Kamu Perhatikan
 

Lakukan Pendataan Ulang

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu melakukan pendataan ulang terhadap aktivitas rutin menjelang akhir tahun. BIasanya, kegiatan tersebut akan mempengaruhi apa yang akan kamu lakukan setiap momen pergantian tahun.

Misalnya, beberapa tahun belakangan, kamu melakukan sejumlah kegiatan seperti makan malam bersama, tukar kado, atau belanja kebutuhan atau hobi untuk tahun baru.
 

Tulis Estimasi Biaya

Nah, langkah selanjutnya, kamu tuliskan deh estimasi biaya dari setiap kegiatan tersebut dari sekarang. Baiknya sih, sebelum dana tersebut cair.

Setelah itu, kamu bisa langsung alokasikan dana dari bonus akhir tahun tersebut ke masing-masing kebutuhan yang sudah kamu rincikan sesuai porsi, misalnya:
  • Makan malam bersama: 15 persen
  • Membeli kado/hampers akhir tahun: 10 persen
  • atau belanja: 15 persen

Sisanya, yakni 60 persen dari bonus akhir tahun tersebut bisa kamu alokasi untuk kebutuhan seperti dana darurat, asuransi, dan tentunya investasi nih, Be-emers.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Setelah Pandemi