Waduh, Website Manga Bajakan Bikin Rugi Jepang Nih!

One Piece - Pinterest

One Piece - Pinterest

Like

Penggemar manga mana suaranyaaa?

Manga atau komik asal Jepang tentu bukan hal yang asing lagi buat kamu. Sejumlah manga seperti One Piece, Bleach, hingga Naruto bahkan sudah banyak banget penggemarnya di dalam negeri nih.

Enggak cuma dalam bentuk cetak, kamu juga bisa menikmati manga secara online, lho!

Sayangnya, banyak nih yang mengakses manga secara ilegal alias bajakan. Apakah kamu salah satunya, Be-emers? Hihi.

Tahu enggak sih? Ternyata, hal itu bikin “Negeri Sakura” itu merugi. Waduh!


Baca Juga: Ini Alasan Harga Action Figure Gundam di Indonesia Mahal

Seperti yang dilansir dari laman Bisnis, sebuah organisasi Jepang yang bertugas mencegah manga online bajakan, telah memprediksi kerugian terparah bulanan yang terjadi pada November akibat manga versi ilegal tersebut lho.

Authorized Books of Japan (ABJ) diketahui mencatatkan kalau jumlah kerugian yang diakibatkan oleh sejumlah website manga bajakan pada tahun ini terus meningkat.

Adapun, kalkulasi yang dilakukan oleh ABJ itu menggunakan jumlah akses situs dan lamanya waktu para pengguna berada di dalam situs tersebut.

Misalnya, ada lima situs yang terbanyak dikunjungi mendapatkan akses kurang lebih 48 juta kali pada Januari lalu. Nah, angka tersebut melipat ganda menjadi sekitar 110 juta pada Agustus dan melonjak menjadi sekitar 140 juta pada November 2020.

Gilanya, pihak ABJ juga menyampaikan kalau kerugian agregat dari lima situs dengan akses terbanyak itu meningkat ke sekitar 35 miliar yen atau sekitar 338 juta dolar pada November.

Angka tersebut jadi tingkat terparah yang pernah tercatat, bahkan sembilan kali lipat lebih tinggi dari jumlah yang tercatat pada Januari lalu!

Enggak berhenti sampai di situ. ABJ juga mengatakan, pelanggaran hak cipta baru-baru ini tekah meningkat akibat munculnya sejumlah website jahat yang pengelolanya sulit untuk diidentifikasi. 

Duh, menikmati hasil karya secara bajakan memang lebih "efisien" sih. Namun, kalau karya kamu yang dibajak, apa yang akan kamu lakukan, Be-emers?

Baca Juga: 3 Hal Anti-Mainstream Ini Bisa Jadi Sumber Investasi Kamu Lho!