Cara Membuat Toko Online yang Mudah dengan Cara Singkat!

Cara membuat toko online (Sumber: Pixabay.com)

Cara membuat toko online (Sumber: Pixabay.com)

Like

Seiring dengan berkembangnya teknologi, membuat banyak inovasi yang dikembangkan termasuk dalam segi bisnis. Saat ini sudah banyak pebisnis yang beralih ke online untuk memasarkan produknya dibandingkan melalui konvensional. 

Dilansir dari finata.id mengatakan bahwa ada beberapa Manfaat menggunakan toko online untuk melakukan bisnis yaitu memiliki biaya overhead yang rendah, memiliki jangkauan pelanggan yang luas, fleksibilitas yang besar, dan mudah dalam mempromosikan bisnis.

Dengan memanfaatkan salah satu marketplace atau membuat website, maka toko online bisa dibuat dengan cepat dan mudah. Lalu bagaimana cara membuat toko online yang mudah? Maka dari itu, simak informasi detailnya berikut ini.


Menentukan Nama Toko Daring yang Akan Digunakan

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan dalam membuat toko online adalah nama. Nama toko ini sangat vital untuk toko daring yang kamu buat agar mudah diingat bagi konsumen. Sebab, nama ini sama halnya dengan branding atau merek. 

Nama toko bisa menjadi kunci utama bagi kesuksesan toko online yang kamu geluti. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menggunakan nama toko yang relevan dan singkat sesuai dengan produk yang kamu jual. 

Ketika kamu menentukan nama toko untuk bisnis online, sebaiknya juga perhatikan ketersediaan nama domain. Apakah nama tersebut sudah ada yang menggunakan atau masih tersedia dan bisa kamu pakai selanjutnya. 


Apabila nama toko yang kamu inginkan sudah digunakan orang lain, akan lebih baik untuk memikirkan nama yang berbeda. Jika dirasa masih kesulitan menentukan nama domain yang tepat, kamu bisa mencari informasi terkait cara membuat toko online di internet. 

Baca juga: Ini Cara Membuat Toko Online Mudah untuk Pemula


Menentukan Content Management System Pada Toko Daring yang Dibuat

Ketika memutuskan untuk membuat website toko daring, kamu harus menentukan Content Management System atau CMS. Hal ini merupakan perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan atau mengubah isi dari situs website tersebut.

Dengan menggunakan CMS akan memudahkan kamu menjalankan toko online yang buat. Lalu apa CMS toko daring  terbaik yang bisa digunakan? Kamu dapat menggunakan CMS WordPress karena gratis dan mudah dipahami. Selain itu memiliki banyak dukungan tema atau plugin. 

Untuk membuat toko online melalui WordPress, caranya sangat simpel dan cepat. Sebab, kamu tidak perlu ekstra mengerti mengenai bahasa pemrograman. Di WordPress sudah tersedia berbagai macam plugin dan tools yang akan membantu kamu membuat toko daring. 

Kamu hanya perlu memasang WordPres kemudian masuk ke dashboard yang sudah disediakan. Selanjutnya lakukan beberapa setting agar toko online dapat digunakan dengan mudah. Cara membuat toko online berikutnya yaitu buatlah postingan produk yang akan dijual beserta deskripsinya. 


Menentukan Hosting untuk Laman Web Toko Daring yang Dibuat 

Hosting menjadi salah satu hal utama untuk berlangsungnya toko daring yang kamu buat. Ketika menjalankan toko online dengan website, maka kamu harus mengerti tentang bagaimana kebutuhannya bagi toko online tersebut. 

Pasalnya, hosting ini menjadi penentu performa website untuk toko daring yang kamu jalankan. Hal ini akan mempengaruhi apakah toko bisa diakses dengan cepat atau tidak mudah down jika diakses oleh banyak pelanggan. 

Cara membuat website sederhana, saat ini hampir semua pemilik usaha sudah mulai menggunakan website pribadi. Mengapa? Anda bisa lebih dekat dengan target pasar, karena bisa mengetahui profil mereka dari berbagai audiens yang masuk ke dalam website Anda. 


Menambahkan Update Produk 

Agar toko online yang kamu buat tetap berjalan dengan baik, tentunya kamu harus melakukan pembaruan pada produk yang dijual. Selain itu, update juga akan membuat toko daring yang kamu buat lebih disukai bagi banyak customer. 

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat melakukan optimasi terkait produk yang dijual dengan meletakkan kata kunci, deskripsi, link dan judul yang tepat. Cara membuat toko online inilah yang akan menjadikan produk kamu bisa muncul di mesin pencarian Google.

Langkah membuat toko daring sangat mudah dilakukan tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Sebab, kamu hanya memerlukan penggunaan WordPress yang sudah menyediakan berbagai fitur, seperti tema, plugin dan pengaturan lainnya.

Baca juga: 5 Kelebihan Kekurangan Wordpress yang Wajib Diketahui