Cara Membuat Website Sederhana dari Nol

Cara Membuat Website Sederhana dari Nol (Sumber: Pixabay)

Cara Membuat Website Sederhana dari Nol (Sumber: Pixabay)

Like

Membuat website merupakan hal yang penting untuk membangun suatu hal baik untuk keperluan bisnis dan portofolio diri. Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa membuat sebuah website itu susah. Namun hal ini sebenarnya salah besar. Perlu diingat, bahwa website merupakan suatu elemen penting bagi kamu yang hendak membuat profil secara daring atau untuk membangun bisnis. 

Wordpress sendiri adalah tools yang digunakan untuk membuat sebuah website. Tentu ada banyak dan kekurangan yang dimilki wordpress. Namun, terlepas dari kelemahannya, platform ini memang dinilai efisien untuk membangun suatu platform terutama website. 

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan website guna memperbesar bisnisnya melalui daring. Namun bisnis disini tidak melulu soal menjajakan barang, karena kamu pun bisa menulis sesuatu yang nantinya akan menghasilkan uang. Untuk itu, berikut diulas cara buat website sederhana mulai dari nol.


Menentukan Jenis Website yang Akan Digunakan

Sebelum membuat sebuah website, langkah pertama ini sangat penting untuk dilakukan. Karena jenis yang ditentukan tersebut nantinya akan memberikan pengaruh yang sangat besar, terhadap cara membuat website sesuai dengan keinginanmu. 

Pastikan juga jenis yang telah kamu tentukan tersebut sesuai dengan tujuanmu. Pasalnya, jenis website yang kamu pilih tersebut akan membantumu menentukan konsep website apa yang dibangun. Lazimnya, terdapat beberapa tujuan yang bisa ditentukan sesuai dengan ketertarikan atau niche-mu.


Menentukan Platform Website yang Akan Digunakan

Usai menentukan jenis serta tujuan pembuatan website, selanjutnya kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan platform. Dikenal dengan istilah CMS atau Content Management System, platform disediakan untuk cara buat website dan mengubah konten tanpa harus paham bahasa pemrograman.


Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi kamu yang masih begitu awam dengan programming ataupun coding. Salah satu platform yang tidak membutuhkan bahasa pemrograman yaitu WordPress. Bahkan banyak para pemula yang menggunakan platform ini untuk membuat website.

Baca Juga: Belajar Fungsi Fitur Instagram Bisnis Untuk Membangun Toko Online


Menentukan Hosting dan Nama Domain

Langkah membuat website selanjutnya yaitu memilih hosting terbaik serta mendaftarkan nama domain. Sebagaimana yang diketahui, jika hosting adalah wadah untuk menyimpan data yang ada di website. Pada umumnya hosting ini diletakkan dalam sebuah server.

Sementara domain sendiri merupakan nama yang telah ditentukan serta diatur oleh sebuah badan pengelola nama domain. Dalam proses pembuatan website ini, pastikan hosting yang kamu pilih memiliki kecepatan serta keamanan yang telah terjamin.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak kerepotan di masa mendatang bila terjadi suatu permasalahan setelah cara buat website usai. Ketika sudah memilih hosting, tentukan nama domain yang sesuai dengan website buatanmu. Jika perlu, pilihlah nama yang unik, catchy, dan mudah untuk diingat.


Instalasi dan Pengaturan Website

Bila kamu telah melakukan beberapa langkah sebelumnya, maka berikutnya menginstal aplikasi untuk website. Guna mengamankan website, kamu diperlukan menginstal sertifikat Secure Socket Layer (SSL). Hal ini akan sangat membantu kamu untuk tidak melakukan dua kali kerja.

Maksudnya, setiap aplikasi yang diinstal di website secara otomatis akan dipindai atau dipindai oleh SSL. Namun sayangnya, SSL hanya memindai aplikasi tertentu yang telah diinstal usai melakukan pemasangan sertifikat SSL dan aplikasi yang diinstal sebelum SSL tidak masuk daftar pindai SSL.

Setelah menginstal SSL, akhirnya kamu bisa menginstal cPanel. Proses registrasi di cPanel ini bisa kamu lakukan dengan mencantumkan username serta password. Kala di halaman utama cPanel, klik “WordPress” di kolom Softaculous Apps Installer.

Berikutnya kamu akan disajikan sebuah kotak menu mendeskripsikan WordPress, lalu klik “Install Now” untuk segera menginstall WordPress. Terdapat beberapa data penting yang perlu kami isi, seperti deskripsi situs, profil admin, plugin, serta tema.

Bila semua data pada cara buat website telah kamu isi, selanjutnya klik tombol “Install”. Namun bila kamu masih belum yakin dengan data yang kamu isi tersebut, tak perlu khawatir karena data tersebut bisa diubah kapanpun setelah selesai menginstal WordPress.

Membuat sebuah website menjadi langkah yang sangat tepat, bagi kamu yang ingin memulai bisnis online. Sebenarnya tak hanya bermanfaat untuk berbisnis saja, dengan website kamu bisa menyalurkan bakat menulismu mengenai suatu hal tertentu.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis & Startup!