Biar Enggak Boncos, Simak Resolusi Keuangan Berikut Ini

Finance - Canva

Finance - Canva

Like

Tahun baru identik sama resolusi dan mimpi baru. Kamu sudah menyiapkan resolusi apa nih untuk tahun 2021, Be-emers?

Mulai dari target untuk membeli gadget baru, mendapatkan pekerjaan impian, hingga melanjutkan pendidikan, jadi resolusi yang umum dilakukan banyak orang. Namun, ada satu nih yang enggak boleh ketinggalan buat jadi resolusi kamu di tahun baru.

Punya resolusi keuangan tentunya jadi salah satu hal yang penting untuk kamu, Be-emers. Biar enggak boncos, apa saja sih resolusi yang oke buat keuangan kamu di 2021?

Dikutip dari laman Bisnis, berikut tips dan saran untuk membuat kamu jadi orang yang lebih hemat.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan bagi Mahasiswa



Kurangi pengeluaran.
Mengurangi pengeluaran dalam anggaran bulanan adalah cara yang baik untuk meningkatkan “kesehatan” dana darurat. Tujuan utamanya, tentu untuk membangun biaya hidup cadangan selama enam bulan ke depan. Seperti diet, hal itu membutuhkan disiplin= yang tinggi.

Menurut CEO Palumbo Wealth Management Philip Palumbo, sebaiknya kamu meninjau setiap pengeluaran yang dimiliki. Misalnya, pengeluaran untuk makan di luar dan sebagainya.


Gunakan Tabungan secara Autopilot
Saat gajian tiba, uang cenderung menghilang dengan cepat. Benar enggak?

Jadi, sebaiknya, gunakan tabungan kamu secara autopilot (autodebet). Misalnya, siapkan setoran otomatis yang memindahkan uang langsung dari gaji ke rekening tabungan yang kamu miliki.


Tingkatkan deductible asuransi
Menurut Wakil Presiden senior dan ahli strategi kekayaan senior di US Bank Private Wealth Management John Campbell, jika kita mampu membayar biaya sendiri yang lebih tinggi saat terjadi klaim, pertimbangkan untuk pengurangan pada polis asuransi rumah dan mobil kamu. 

Selain itu, kamu juga bisa menghemat uang dengan menggabungkan polis, atau memiliki sejumlah jenis polis asuransi, seperti pemilik rumah dan mobil, pada operator yang sama.


Simpan Kenaikan Gaji/Bonus
Dapat rezeki nomplok memang menyenangkan. Misalnya, kayak dapat bonus akhir tahun atau kenaikan gaji.

Namun, ada baiknya kalau kamu jangan membelanjakan tambahan uang tersebut. Saat menerima kenaikan gaji atau rejeki nomplok lainnya, sebaiknya kamu pertimbangkan untuk memprioritaskan menabung atau membayar utang.


Jangan Menunggu untuk Menabung
Kapan waktu yang tepat untuk menabung? Jawabannya adalah saat ini!

Bahkan, sekalipun kamu punya utang, jangan sampai hal itu membuat kamu menunda untuk menabung ya, Be-emers!


Hemat di Rumah
Cobalah untuk lebih berhemat ketika di rumah. Bahkan, pandemi sebenarnya melatih kamu untuk lebih hemat meski di rumah saja lho!

Misalnya, kamu bisa memasak ketimbang membeli makanan di luar. Kamu pun bisa menonton film di berbagai platform video on demand tanpa harus keluar biaya ke bioskop -yang mungkin akan lebih membuat kamu jadi lebih boros.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembersihan kamar-demi-kamar. Siapa tahu, kamu bisa menemukan berbagai barang yang bisa kamu jual kembali dan dapat cuan.


Prioritaskan Melunasi Utang
Yang perlu kamu ingat, satu-satunya cara untuk menurunkan utang adalah dengan melunasi utang itu sendiri.

Kalau kamu punya kartu kredit, kamu bisa bayar utang dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan membayar bunga lebih sedikit.

Opsi lainnya, kamu bisa melunasi utang dengan jumlah yang paling kecil terlebih dahulu. Sehingga, kamu bisa merasa telah berhasil dan lebih termotivasi untuk melunasi hutang lainnya.

Selain itu, penting banget untuk berkomitmen menghindari utang baru di tahun 2021. Daripada menambah utang, lebih baik, lunasi dulu utang-utang kamu ya!

Baca Juga: Keuangan Kamu Kacau Jelang Umur 30? Simak Trik dari Jutawan Kyle Taylor Yuk!