Ini Hal yang Perlu Kamu Lakukan Usai Sembuh dari Covid-19

Covid-19 Illustration - Canva

Covid-19 Illustration - Canva

Pandemi Covid-19 memang belum berakhir, bahkan hingga awal 2021 ini. Pasien yang positif terinfeksi virus mematikan tersebut pun kian bertambah setiap harinya.

Namun, pasien yang berhasil sembuh juga terus bertambah kok, Be-emers. Hingga Selasa (5/1), jumlah pasien Covid-19 yang sembuh sudah mencapai 645.746 orang lho.

Di masa pandemi, penting banget untuk selalu menjaga kesehatan dan enggak menyepelekan protokol kesehatan. Lalu, gimana dengan pasien Covid-19 yang sudah sembuh?

Dikutip dari laman Bisnis, ini yang perlu kamu lakukan ketika dinyatakn sembuh dari Covid-19.

Baca Juga: Gejala Ini Jadi Pertanda Kamu Pernah Terjangkit Covid-19 Lho!


Rutin Olahraga
Memang sih, berolahraga mungkin akan merepotkan jika kamu sedang dalam masa pemulihan, dan tubuh kamu lemah.

Namun, secara bertahap, jangan lupa untuk memasukkan olahraga ke dalam jadwal harian kamu. Hal itu bertujuan untuk membuat kamu sehat secara fisik dan mental.


Konsumsi Makanan Bergizi
Selain itu, kamu juga perlu untuk punya pola makan kaya nutrisi dan suplemen untuk membantu mempercepat pemulihan. 

Perlu kamu ketahui, virus Covid-19 bisa membuat tubuh kamu stres dan obat-obatan juga dapat melemahkan tubuh kamu. Beberapa pasien juga mengalami penurunan berat badan atau penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Makanya, cobalah atur pola makan yang terorganisir dengan baik yang sarat dengan produk organik, sayuran, telur, dan unggas yang aman untuk mengimbangi nafsu makan yang sempat hilang.

Adapun, usahakan agar makanan tersebut mudah diolah tubuh. Ingat, tubuh kamu dalam masa pemulihan, jadi jangan makan sembarangan dulu ya, Be-emers!


Tingkatkan Kualitas Ingatan
Di sisi lain, Covid-19 diketahui bisa merusak sel memori kita nih. Waduh!

Nah, biar konsentrasi dan kemampuan berpikir kognitif kamu tetap terjaga, alangkah baiknya untuk meluangkan waktu dengan bermain permainan yang bisa mengasah memori dan sebagainya.


Face Down, But You Have to Face It
Kehidupan kamu setelah sembuh dari Covid-19 memang belum bisa langsung kembali normal. Untuk itu, berikan diri kamu cukup waktu untuk secara bertahap beralih ke praktik lama sehari-hari kamu, lakukan setiap hari pada satu waktu.

Yang terpenting, kamu harus ingat bahwa, kamu telah berjuang untuk melawan penyakit yang saat ini masuk dalam kategori sangat berbahaya. Selain itu, tetaplah untuk tetap berkomunikasi dengan dokter selama masa penyembuhan.