Beberapa Tips Agar Kita Berani untuk Memulai Berbisnis Online di Masa Pandemi

mengajak para anak muda untuk berbisnis

mengajak para anak muda untuk berbisnis

Seperti kita ketahui, pada tahun 2020 kita telah dilanda pandemi COVID-19 yang telah menewaskan beberapa sektor ekonomi di Indonesia. Namun, banyak sektor juga berusaha mempertahankan usahanya di saat seperti ini. Ya, semangat buat kalian yang sedang berusaha.

Memasuki 2021, belum ada kejelasan kapan pandemi ini akan berakhir, namun beberapa sektor ekonomi juga sudah mulai bangkit. Tentunya, di tahun baru nanti kita berharap bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Masa pandemi seperti ini, banyak sekali generasi millennials yang menelusuri hobi baru mereka dan mengembangkannya menjadi peluang bisnis. beberapa dari mereka berhasil dan akhirnya memiliki penghasilan yang cukup besar dari hobi baru mereka. Nah kamu jangan mau kalah ya..

Siapa sih yang gak mau punya penghasilan sendiri, ayo mulailah memotivasi diri kita sendiri untuk membuat small business. Berikut beberapa tips buat kamu yang masih ragu untuk membuka small business. Yuk, kita bahas!
 
Tentukan terlebih dahulu usaha atau bisnis apa yang ingin kamu jalani.
Langkah awal untuk memulai bisnis adalah menentukan usaha apa yang ingin kita jalankan sesuai keinginan kita. Walaupun sedang dalam masa pandemi rasanya sulit untuk memulai usaha yang memiliki potensi dengan daya tarik beli yang tinggi.

Namun jangan menyerah dulu ya, sebenarnya cukup banyak lho usaha yang dapat dijalani di masa pandemi. Salah satu sektor yang memiliki peluang bisnis yang menjanjikan adalah sektor kuliner.

Walaupun banyak rumah makan yang tutup akibat pandemi, bisnis kuliner online malah mengalami perkembangan yang sangat pesat lho. Anda dapat berjualan makanan siap saji seperti; kue, makanan ringan dan masih banyak lainnya.
 
Tentukan berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kamu.
Setelah menentukan jenis usaha atau bisnis apa yang ingin anda jalani, jangan lupa untuk menentukan berapa besar modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis tersebut. Oleh karena itu, ada baik nya untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai bisnis yang ingin anda jalani, agar anda dapat mengetahui modal tersebut akan digunakan untuk apa.

Memulai bisnis di tengah pandemi memang bukanlah hal yang mudah, ada baik anda meminimalisir pengeluaran modal untuk mencegah kerugian dengan jumlah yang besar. Sebagai contoh, jika kondisi keuangan anda sedang menurun, dan anda ingin memulai bisnis pakaian.

Anda mempunyai alternatif untuk bisnis tersebut yaitu melakukan dropshipper dari supplier pakaian lalu dipasarkan di social media dan online marketplace atau e-commerce yang anda miliki. Sehingga, anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk melakukan stock pakaian tersebut.

Anda hanya perlu untuk memasarkannya saja. Walaupun dropshipper ini dapat meminimalkan pengeluaran modal anda, untung yang anda peroleh pun relatif kecil.

Tetap berpikir positif dan konsisten terhadap apa yang ingin anda jalankan.
Jika anda ingin memulai bisnis, jangan takut untuk memulainya. Semua bisnis memiliki risiko yang pada awalnya tidak menghasilkan profit yang besar bahkan ada yang mengalami kerugian.

Namun, yang anda perlukan dalam menghadapi hal tersebut adalah kepercayaan untuk tetap berusaha dan yakin pada bisnis anda, karena di saat anda tidak yakin dengan bisnis anda orang lain dapat meragukan produk anda.

Tetaplah berpikir positif agar tidak mudah menyerah. Dalam menjalankan bisnis online, hal penting yang anda perlukan adalah pelayanan yang terbaik serta konsistensi dengan produk yang dihasilkan. Selain itu, kualitas produk juga penting karena hal ini mempengaruhi penjualan anda.

Di saat produk anda mengalami penurunan kualitas, pelanggan akan mempertimbangkan kembali untuk membeli produk anda. Hasilkanlah produk yang berkualitas supaya memenuhi ekspektasi pelanggan dan mereka puas terhadap produk anda.  

Tentukan strategi marketing yang cocok dengan bisnis anda
Saat menjalankan bisnis anda membutuhkan promosi bisnis anda agar dikenal oleh banyak orang. Menentukan strategi marketing memang bukanlah hal yang mudah.

Namun, anda dapat menggunakan gadget dan social media yang anda miliki sebaik mungkin untuk mengembangkan bisnis anda. Anda dapat mulai mempromosikan bisnis anda ke teman teman anda yang memiliki potensi untuk menjadi pelanggan.

Jangan pernah merasa malu saat ingin mempromosikan produk anda. Jika anda ingin mengeluarkan modal untuk promosi, anda dapat melakukan iklan berbayar di platform social media yang anda miliki.
 
Perhatikan perkembangan bisnis anda
Saat memulai bisnis kita perlu memperhatikan perkembangan bisnis kita. Jika bisnis anda sudah menunjukan peningkatan, anda dapat mengeluarkan modal yang lebih banyak lagi untuk meluaskan bisnis anda.

Namun, jika bisnis anda belum juga menunjukan peningkatan yang signifikan, mungkin anda harus mengoreksi ulang strategi marketing atau produk yang anda miliki dan mempromosikan bisnis anda ke lebih banyak orang lagi.

Jangan terlalu terburu buru saat memulai bisnis, karena untuk bisnis tersebut berkembang membutuhkan proses dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, anda perlu bersabar namun harus tetap berusaha juga ya.
 
Itu lah beberapa tips yang bisa anda terapkan saat anda ingin memulai bisnis ditengah pandemi seperti ini. Jangan pernah takut untuk gagal ya, karena jika kita belum mencoba kita gak akan tau hasilnya seperti apa.

Enggak ada salahnya kok untuk mencoba dan terus berusaha. Yuk, mulai cari cuan sendiri.