Tren Seleb Rekomendasi Saham, Kamu Harus Jadi Investor yang Bijak!

Star - Canva

Star - Canva

Like

Sejak beberapa bulan belakangan ini, banyak dari kalangan selebriti yang mulai merekomendasikan saham jagoannya melalui media sosial.

Alhasil, banyak netizen yang melirik saham rekomendasi dari para tokoh publik. Beberapa publik figure seperti Raffi Ahmad hingga Ari Lasso pun diketahui secara blak-blakan sempat menjagokan saham MCAS lho!

Padahal Raffi Ahmad, misalnya, mengaku kalau dirinya baru memulai investasi saham. Waduw~

Menurut Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo, dikutip dari Bisnis, para influencer yang mengumbar portofolio saham di media sosial merupakan fenomena baru seiring dengan meningkatnya transaksi dari investor ritel.

Makanya, buat kamu investor pemula, disarankan untuk bijak dan enggak ikut-ikutan membeli suatu saham tanpa mengetahui aspek teknikal dan fundamental.


Meski pihak BEI melihat hal itu sebagai hal yang positif karena bisa membantu pendalaman pasar modal. Namun, Laksono menilai, perlu untuk mengajak para influencer berdiskusi untuk mengingatkan risiko dan dampak dari endorse saham secara keseluruhan.

Perlu kamu ketahui juga, rekomendasi saham itu enggak sembarang lho. Sebab, ada aturan yang berlaku terkait hal tersebut.

Selain itu, biasanya rekomendasi saham diberikan oleh perusahaan sekuritas khususnya dari divisi riset. Biasanya sih, analis akan menjabarkan sisi fundamental dan teknikal dari suatu saham sebelum memberikan rekomendasi beli, tahan, atau jual.

Enggak cuma itu, yang perlu kamu perhatikan adalah rekomendasi saham pun dilengkapi dengan unsur fundamental. Hal itu juga yang dilakukan sama investor ternama yakni Lo Kheng Hong.

Bukan sekedar merekomendasi, Lo Kheng Hong bahkan sering berpesan agar jangan  membeli kucing dalam karung dan investor harus sering membedah laporan keuangan emiten.

Untuk itu, jangan sembarangan ikut-ikutan tren tanpa tau lebih jauh soal saham yang direkomendasikan yaa, Be-emers.